Smartgov dan Citigov, Andalan Baru Pemkab Parimo Optimalisasi Pendapatan dan Pelayanan Daerah

ParigiHarianpos – Kedepan pengelolaan pajak daerah kabupaten Parigi Moutong akan menjadi semakin baik dengan melakukan inovasi pelayanan pengelolaan pendapatan daerah. Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Pendapatan Daerah baru saja melaunching Aplikasi Pengelolaan Pajak Daerah dan Aplikasi Pelayanan Publik (Smartgov dan Citigov) di Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2023, di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong. Rabu (20/12/2023).

Hadirnya kedua Aplikasi tersebut dan  dukungan semua pihak terlibat, pada akhirnya nanti dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara signifikan dan masyarakat sebagai wajib pajak dapat secara aktif dalam melakukan pembayaran secara online tidak terbatas oleh waktu tempat dan jarak. Hal ini juga dapat merubah pola pikir terhadap pengelolaan dengan sistem manual ke sistem digital dalam proses pengelolaan pajak daerah. 

Bacaan Lainnya

Hal ini diungkapkan oleh Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo saat hadir dan membuka dengan resmi peluncuran aplikasi tersebut. Richard mengatakan, pemanfaatan aplikasi sistem administrasi pajak daerah yang holistik terintegrasi dengan sistem pembayaran online yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai regulasi yang mendukung.

“Aplikasi pelayanan yang dapat menjangkau masyarakat juga diperlukan untuk meningkatkan kecepatan dalam proses  pelayanan pemerintah daerah dan peningkatan kualitas pelayanan dari pemerintah itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, aplikasi pengelolaan pajak daerah yang telah dikembangkan saat ini, terdapat pengelolaan sebanyak 11 (sebelas) jenis pajak dan kesemuanya berbasis online. 

Tentunya, dengan dikembangkannya aplikasi tersebut kiranya dapat menjawab tantangan pada saat ini terhadap pengelolaan pajak daerah yang bersifat manual, terkesan lambat dan tidak transparan. 

Saya juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua wajib pajak yang telah berpartisipasi dalam membangun Daerah Parigi Moutong yang kita cintai ini melalui kepatuhan membayar pajak, semoga kedepan Daerah Parigi Moutong makin bersatu dan jaya,” ungkap PJ Bupati. *

Sumber : Diskominfo Parimo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.