Tim SAR Gabungan Evakuasi KM. Irma Ilahi Kandas di Bahodopi

MorowaliHarianpos, – Sebuah Kapal Motor yang berlayar dari Menui menuju pelabuhan Puungkoilu kandas di perairan Bahodopi ,Kab. Morowali pada Selasa (19/12/2023).

Kapal Motor Irma Ilahi dengan POB 75 orang pada pukul 21.45 wita menabrak Karang dan kandas saat melakukan perjalanan pelayaran dari Menui sejak pukul 07.00 wita menuju pelabuhan Puungkoilu, Bungku Tengah. Usai kandas, Crew Kapal melakukan upaya untuk menjaga keseimbangan kapal sambil menunggu bantuan datang.

Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu mendapatkan informasi dari Bapak Wahab (Dinas Perikanan Kab. Morowali). Tim SAR kemudian meluncurkan tim rescue Unit Siaga SAR Morowali yang dibantu unsur gabungan yakni Pos AL Morowali, Pos Polair Morowali, dan Tagana Morowali.

“SetelahT informasinya diterima tim rescue dari Unit Siaga SAR Morowali digerakkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan perahu karet,” ungkap Andrias Hendrik Johannes, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu.

Tiba di lokasi kejadian tim SAR gabungan mengevakuasi sebagian penumpang kapal ke KM. Arafah dengan maksud mengurangi beban dari KM. Irma Ilahi. 

“Tadi begitu sampai di lokasi tim gabungan memindahkan sebagian penumpang Kapal guna untuk mengurangi beban kapal. Setelah kami pindahkan kami coba kembali untuk melakukan penarikan kapal yang kandas tersebut. 

Proses berlangsung hingga pukul 03.45 wita, setelah kapal berhasil ditarik penumpang kembali dipindahkan ke KM. Irma Ilahi untuk melanjutkan perjalanan. Kapal tersebut kami pantau hingga sampai ke Pelabuhan Puungkoilu Kab. Morowali.” Terang Syahrul Japarudin selaku Koordinator Unit Siaga SAR Morowali.

Adapun POB berjumlah 75 orang yang terdiri dari ABK 5 orang, Penumpang dewasa 65 orang dan anak-anak 10 orang. . *

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.