Gelar Sosialisasi, PT Tallo Larono Wangkurela Sampaikan Visi Misi Perusahaan kepada Masyarakat Desa Toi-Toi

BanggaiHarianpos –Antusiasme warga desa Toi-Toi di Kecamatan Bulagi Selatan Kabupaten Bangkep menyambut kehadiran manajemen PT Tallo Larono Wangkurela untuk sosialisasi sangat tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan visi dan misi perusahaan tambang galian C ini adalah salah satu cara  memberi pemahaman dampak positif terhadap kehadiran perusahaan.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, hadir Reynaldo Doirico Gula,  Direktur utama  perusahaan tambang,  PT.Tallo Larono Wangkurela , seorang pengusaha tambang Galian C  kelahiran Banggai Kepulauan.

Melalui sosialisasi tersebut, pihak perusahaan berharap masyarakat dapat berpartisipasi memberi masukan  dan juga akan menikmati manfaat beroperasinya perusahaan jik kelak beroperasi terkait penyerapan tenaga kerja lokal agar terjadi peningkatan ekonomi dilingkar tambang sekitar perusahaan

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Kapolres Bangkep AKBP Jimmy Marthin Simanjuntak S.I.K,  Danramil Bulagi 1308/LB , Dinas Lingkungan Hidup dan SDM, Anggota DPRD Bangkep, Kepala Desa Toi Toi bersama aparat, Kapolsek bulagi bersama anggota, serta ratusan tokoh masyarakat desa Toi-Toi.

Dalam sambutannya, kepala desa Toi toi I Nengah Boni Maasi SKM,  menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak manajemen PT.Tallo Larono Wangkurela yang telah hadir didesa toi toi dengan niat baiknya untuk merubah nasib warga desa Toi Toi untuk berinvestasi yang bakal  membuka lapangan pekerjaan bagi warganya.

Sementara itu, Reynaladho Doirico Gulla , selaku direktur utama PT Tallo Larono Wangkurela di kegiatan Sosialisasi menjelaskan bahwa kehadiran perusahaannya di kabupaten Banggai Kepulauan dalam rangka investasi dengan tujuan akhir dapat mensejahterakan masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja dengan pemanfaatan sumber daya alam secara maksimal, modern bertanggungjawab serta mematuhi kaidah kaidah lingkungan ,dan paling penting adalah legal.

“Kehadiran perusahaan kami di daerah ini agar dapat bersumbangsih menciptakan peluang kerja bagi putra daerah dalam mengelola sumber daya alam secara legal dengan mengedepankan konsep modern, patuh aturan bertanggung jawab dan bermanfaat dalam peningkatan pendapatan asli Daerah ” ungkap Rey, panggilan akrab pengusaha kelahiran Bulagi tersebut.

Terkait pemanfaatan lahan warga, Rey juga menjelaskan bahwa perusahaan telah berkomitmen untuk melakukan proses ganti rugi lahan warga yang masuk wilayah IUP perusahaan dengan transparan dan melibatkan unsur desa dan pihak terkait.

“Luas lahan sekitar 100 Hektar yang dibutuhkan perusahaan akan kami bebaskan sesuai mekanisme yang ada, melalui kepala desa dan instansi terkait semua kita akan lakukan secara terbuka dan pastinya mengedepankan cara kekeluargaan, tujuannya agar pemilik lahan mendapatkan haknya dan perusahaan bisa bekerja dengan tenang tanpa ada konflik” jelasnya.

Terkait penyerapan tenaga kerja , Direktur Utama PT Tallo Larono Wangkurela ini berkomitmen mengutamakan warga lokal dengan presentase 70 persen warga lokal non skil dan akan melaksanakan alih teknologi bagi pekerja lokal.

“Untuk tenaga kerja, ke depan jika perusahaan beroperasi akan membuka peluang 70 persen warga lokal dengan prioritas utama melakukan alih teknologi, maksudnya kami akan.upayakan tenaga kerja lokal dari tidak memahami metode kerja ditambang bisa belajar ” katanya.

Rey mencontohkan, jika ke depan perusahaan beroperasi akan ada penggunaan alat berat dan mesin panel pertambangan, masyarakat yang mempunyai skill di bidang tersebut dapat belajar dengan mekanik perusahaan untuk menjadi lebih mahir dalam mengoperasikan peralatan, sehingga alih teknologi antara mekanik perusahaan dan pekerja warga lokal tercipta, urainya.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu (20/01/2024) di balai desa Toi-Toi diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi warga baik disekitaran desa, kecamatan Bulagi Selatan maupun masyarakat kabupaten Bangkep terkait hadirnya perusahaan Galian C kedepannya dapat diterima dan beroperasi dengan menjalin kebersamaan dengan masyarakat.

“Kami sadari kehadiran perusahaan pertambangan khususnya galian C banyak menuai pro kontra, untuk itulah kami hadir agar masyarakat memahami dengan detail dari kami perusahaan legal dengan secara detail dan bertanggungjawab ,kami berharap ke depan bisa berinvestasi dengan benar dan punya manfaat bagi saudaraku semua yang ada di Bulagi ” tutupnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.