Bawaslu Sulteng Beri Kuliah Lapangan Mahasiswa Kedokteran UNISA

Palu, Harianpos, Ketua dan anggota Bawaslu Sulteng Jamrin menerima kunjungan mahasiswa kedokteran Universitas Alkhairaat (UNISA), dalam rangka memberikan kuliah lapangan dalam program mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Senin (14/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Jamrin menjelaskan tentang hakikat dari demokrasi serta ciri-ciri dari pemerintahan yang demokratis, dan makna dari Pemilu.

Bacaan Lainnya

“Suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyatnya memberikan suara atau pendapatnya dalam menentukan keputusan” jelasnya.

“Pemerintahan yang dikatakan demokratis itu apabila memiliki ciri-ciri yaitu pemerintah yang berdasarkan kehendak rakyat banyak, karena dalam sistem demokrasi yang kita anut saat ini bahwa kekuasaan itu ada di tangan rakyat sehingga rakyatlah yang berdaulat atas siapa yang mereka kehendaki untuk duduk di kursi parlemen atau pemerintahan” sambungnya.

“Adapun pemilu yang kita maknai sampai saat ini adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil” tambahnya. 

Sebagai lembaga publik yang mengkhususkan diri pada kepemiluan dan demokrasi, tentu menjadi tempat yang tepat bagi mahasiswa yang ingin belajar terkait dengan kepemiluan terkhusus pengawasan Pemilu. Walaupun pendidikan politik kepada masyarakat dalam undanga-undang diberikan mandat kepada partai politik, namun sejatinya lembaga publik wajib memberikan edukasi kepada siapa saja. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.