Fasilitas Fisip Untad Dirusak OTK, Dekan Lapor Polisi

Dekan Fisip, didampingi Ketua BEM Fisip, Ketua Himasos dan Ketua Komunal usai melaporkan kasus pengrusakan fasilitas kampus. Sumber Foto : Ist

Palu, Harianpos – Sejumlah fasilitas kampus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Tadulako (Untad) dirusak Orang Tak Dikenal atau OTK. Pengrusakan tersebut terjadi di dua tempat yaitu Sekretariat Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) dan Himpunan Mahasiswa Antropologi (Komunal).

Terkait insiden ini, Dekan FISIP Prof. Dr. Muhammad Khairil yang didampingi ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip, ketua Himasos dan Ketua Komunal mendatangi Markas Kepolisan Sektor (Mapolsek) Kecamatan Palu Timur, Kamis (21/10/2021) pagi ini melaporkan langsung pelaku pengrusakan yang belum diketahui identitasnya.

Bacaan Lainnya

Laporan tersebut terregistrasi dengan nomor Polisi : STTLP/71/X/2021/RES PALU/SPKT III/SEKTOR PAL-TIM.

Prof Khairil menjelaskan, pelaporan itu dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat proses hukum terhadap pelaku pengrusakan agar persoalan tersebut tidak berlarut yang jika dibiarkan  akan menimbulkan polemik baru.

“Langkah yang diambil untuk menghindari kejadian ini tidak berlarut kemudian isunya menggelinding kemana mana, sehingga harus ada langka hukum. Hari ini kami laporkan. Laporan kami sudah serahkan kepada pihak kepolisian dan Alhamdulillah mereka (Polisi) langsung  membentuk tim untuk ditindak lanjuti,” ungkap Dekan Fisip.

Khairil mengatakan, dalam pelaporan ini juga turut diserahkan sejumlah bukti berupa CCTV yang merekam video selama kejadian. Bukti video ini hanya untuk kepentingan penyelidikan Kepolisian yang tidak bisa disebar luaskan.

“Sebagai bukti hukum, kami telah melampirkan rekaman CCTV dan juga video pengrusakan bahwa aturan yang kita ketahui tidak bisa menyebar video itu sampai dengan adanya bukti yang lebih kuat hasil dari penyidikan,” ungkap Khairil usai melakukan pelaporan ke Polisi.

Khairil berharap, agar kepolisian cepat mengungkap pelaku pengrusakan fasilitas milik Universitas di Fisip untuk selanjutnya diproses hukum. Baginya, kejadian ini merupakan kejahatan yang tidak bisa ditolerir.

“Saya tidak berani berspekulasi terkait ini, yang pasti bahwa siapa pun pelakunya kami tidak mau menuduh, tetapi perilaku pengrusakan di dalam kampus termaksud apa yang di lakukan pada hari itu adalah sebuah kejahatan,” tegasnya Khairil.

Dekan Fisip juga mengimbau kepada mahasiswa tergabung dalam kelembagaan kampus untuk tidak mudah menghakimi dan terprovokasi atas insiden ini. Segala prosesnya telah diserahkan kepada Aparat Penegak Hukum (APH).

“Semoga tidak ada lagi imbas dari hal ini karena itu yang paling kami khawatirkan, jangan sampai kemudian ada tuduh menuduh antar lembaga ini yang terlibat dan segala macam akhirnya menyulut emosi baru dan malah masalahnya semakin besar. Semoga tidak ada yang memancing di air keruh,” harapnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.