Jelang Pemilu, Nasdem Lakukan Assesmen Bacaleg di Kabupaten Parimo

Parimo, Harianpos– Puluhan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), di Kabupaten Parigi Moutong, mengikuti Assesmen.

Jelang Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 nanti, sejumlah hal pun dilakukan oleh partai yang telah dipastikan bakal ikut menjadi kontestan dalam Pemilu tersebut.

Bacaan Lainnya

Secara terpimpin, sejumlah partai tersebut pun, kini nampak mulai ‘getol’ menyusun berbagai strategi agar target memenangkan hati rakyat pada ajang Pemilu nanti dapat terwujud.

Salah satunya, dengan melaksanakan assesmen kepada para Bacaleg, seperti yang dilakukan Partai Nasdem.

Berbekal slogan politik tanpa mahar, menjadikan partai ini diminati sejumlah kalangan masyarakat yang ingin ‘unjuk kebolehan dan ingin merasakan sensasi kenyamanan kursi goyang’ digedung wakil rakyat, dengan status Anggota Legislatif (Anleg) ditingkat daerah, Provinsi hingga Pusat.

Hal ini kemudian membuat Partai yang didirikan oleh Surya Paloh ini, merasa perlu melakukan penyaringan bagi para Bacaleg tersebut, untuk memastikan kelayakan mereka menunggangi Partai Nasdem sebagai kuda politik baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, hingga tingkat Pusat pada perhelatan Pemilu tahun 2024 nanti.

Hal tersebut, seperti disampaikan Tim Asesor DPW Nasdem Sulteng Nasution, kepada awak media, disela rehatnya melaksanakan assesmen Bacaleg Parigi Moutong dari Partai Nasdem, Sabtu, (01/04).

Selain itu kata Nasution, pelaksanaan assesmen tersebut juga bertujuan untuk memantapkan para pengurus Partai Nasdem di daerah atau kabupaten, dapat memenuhi target kemenangan yang diberikan oleh partai pada dimasing-masing daerah.

“Sekitar 60-an orang yang mengambil formulir, dan yang mengembalikan sebanyak 58 orang. Sedangkan, yang mengikuti assesmen Bacaleg Partai Nasdem untuk pemilihan di Parigi Moutong nanti, saat ini baru 52 orang dari total 58 tersebut. Sisanya, karena masih berhalangan hari ini, mereka nanti di kantor DPW Sulteng, Partai Nasdem,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Kabupaten Parigi Moutong, merupakan daerah terbanyak Bacalegnya pada Pemilu 2024 nanti. Sehingga, kata ia, pihak DPW Sulteng Partai Nasdem memutuskan agar di Kabupaten Parigi Moutong, menjadi daerah terakhir di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilaksanakan assesmen Bacaleg

“Nampaknya, ini jadi pertanda bagus. Bahwa Nasdem di Parigi Moutong banyak diminati masyarakat untuk menjadi calon legislatif didaerah ini. Inilah konsekuensi bagi kita pengrus DPW, yang berkomitmen terbuka dalam rekrutmen, sehingga perlu kita laksanakan assesmen ini. Sebenarnya hal ini juga telah menjadi budaya bagi Partai Nasdem, sebagai konsekuensi membuka rekruitmen, karena assesmen ini diberikan mulai dari yang bukan kader, kader, bahkan Incumbent atau petahana, tidak dibedakan,” terangnya.

Menurutnya, pelaksanaan assesmen ini, juga dianggap dapat memberikan gambaran peta kekuatan bagi bagi Bacaleg itu sendiri, serta peta kekuatan politik Partai Nasdem di Parigi Moutong.

Secara gamblang, Nasution mengaku, jika pelaksanaan assesmen bagi Bacaleg di Parigi Moutong, telah memberikan buktikan tren positif bagi Partai Nasdem, dimana partai Nasdem dinyatakan menang di daerah ini, pada Pemilu sebelumnya.

“Kekuatan internal Bacaleg, termaksud kekuatan eksternal. Itulah yang gabungkan, lalu kemudian kita jadikan strategi dalam menetapkan pencalegkan. Tentunya kita cari yang relatif bisa berkontestasi, dengan assesmen ini kita berharap bahwa Bacaleg yang tereliminasi bukan karena factor suka tidak suka, tapi, karena kondisi objektif. Artinya, kita bisa tahu ada berapa yang serius, dan ada berapa hanya ikut ramai, kemudian ada berapa yang punya taktik dalam pemenangan, ada berapa yang tidak, itu semua kita bisa tahu,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihak DPW Sulteng Partai Nasdem optimis, pada pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 nanti, Partai Nasdem di Parigi Moutong, bisa kantongi pundi-pundi suara yang lebih dari target.

“Sesuai assesmen Bacaleg ini, kita bisa tahu berapa bayangan kursi yang akan kita dapat. Nah. untuk Parigi Moutong, Insya Allah sesuai dengan tagline ‘menang lebih’, kemenangan ini harus kita pertahankan, kita tidak akan anggap menang kalau tidak lebih kemenangannya. Kalau kemarin kemenangannya Lima kursi, pada Pemilu 2024 nanti Parigi Moutong ditarget Tujuh kursi,” tandasnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.