Tiba di Ponpes Abna’ul Khairaat, Ibrahim A hafid Disambut Musik Hadroh Para Santri

Anleg DPRD Provinsi Sulteng, Ibrahim A Hafid saat tiba di kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Abna'ul Khairaat, Kota Parigi.
banner 468x60

Parimo, Harianpos –  Pada pelaksanaan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad  SAW di Pondok Pesantren (Ponpes) Abna’ul Khairaat di Kelurahan Masigi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Minggu (31/10/2021)  dihadir oleh salah satu anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Ibrahim A. Hafid.

Terlihat, dipinggir jalan menuju Ponpes tempat acara Maulid, para santri yang sedang memegang alat musik hadroh berbaris di pintu gerbang untuk menyambut kedatangan Ibrahim A hafid.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Sementara, di halaman Masjid Ponpes yang dipimpin Ustad Musran Tahir ini, terlihat ratusan jemaah duduk melantai dibawah tenda serambi untuk mengikuti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Setiba di lokasi, Ibrahim A Hafid  langsung disambut para keluarga besar pengurus Ponpes Abna’ul Khairaat dan didampingi untuk berjalan kaki menuju tempat pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad sembari diiringi musik rebana Hadroh para santri.

Musik rebana hadroh menjadi tradisi yang dilakukan para santri dalam menyambut setiap tamu khusus seperti Habib maupun pejabat yang hendak berkunjung ke Ponpes.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dihadiri Habib Umar Muhtar Alhabsyi, Habib Abdila Alidrus, Habib Moh Agil Alidrus, Habib Abdul Alidrus, dan Habib Abdullah Alhasmi. Turut hadir juga pejabat dinas di Pemerintah Kabupaten Parimo.

Habib Umar Muhtar Alhabsyi dalam ceramah Maulid  banyak menyampaikan tentang manfaat bagi umat muslim yang ikhlas menghadiri dan melaksanakan kegiatan peringatan Maulid didorong atas rasa kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam ceramahnya, Habib Umar mengajak kepada jemaah agar memperbanyak bersholawat. Habib pun menjelaskan tentang keutamaan bersholawat kepada baginda Rasulullah SAW. Ia menyampaikan bahwa orang gemar melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW akan memperoleh syafaat yang nantinya segala persoalan dihadapi dalam kehidupan bisa terselesaikan. Selain itu, Habib berpesan kepada jemaah yang hadir agar senantiasa menjalankan sifat keteladanan rasullulah SAW sebab ini merupakan kunci pintu surga.

“ Kita bisa mengetahui mengetahui ajaran islam dan Al-Quran dari rasulullah Muhammad  SAW. Semoga pertemuan ini mendapatkan rahmat,mendapatkan albarakat, mendapatkan syafaat, mendapatkan anwar,’’ ungkap Habib Umar diakhir ceramahnya.

Sedangkan Ibrahim A Hafid dalam sambutanya mengatakan, pembangunan sekolah madrasah, pondok pesantren merupakan sarana penting untuk memajukan peradaban umat islam di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Parimo.

Ibrahim mengatakan lewat sekolah Madrasah, Ponpes sebagai sarana yang melahirkan generasi yang intelektual, berkarakter, integritas, dan berakhlak mulia tentu bisa mendorong tumbuh kembangnya peradaban umat islam dan kemajuan daerah. Mewujudkan hal itu, kata Ibrahim sangat dibutuhkan persatuan keumatan.

“ Mari bersolidaritas antar sesama umat dalam membangun keumatan kita. Sehingga kita masih tetap tumbuh dan bisa membawa kemajuan untuk Negara,” ungkap Ibrahim.

Diakhir acara dilakukan pemberian hadiah kepada para juara pemenang dari berbagai jenis lomba seperti  keagamaan, puisi, kebersihan kamar dan olahraga antar santri yang sudah diselenggarakan Ponpes Abna’ul Khariraat beberapa hari sebelum acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar. Kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa bersama dipimpin Habib Abdilla Alidrus.

 

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *