Pemda Parimo Siap Ikut Serta di Festival Bunga Tomohon 2023

Parimo, Harianpos– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong akan menghadiri kegiatan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) atau lebih akrab di masyarakat Tomohon disebut Festival Bunga Tomohon yang akan di gelar Agustus 2023 mendatang.

Terkait hal itu, Bupati Parigi Moutong (Parimo) H Samsurizal Tombolotutu memimpin kesiapan ke Tomohon bersama para Kepala OPD dan para pengusaha yang juga akan menghadiri Event tersebut, bertempat di Rujab Bupati Parimo, Kamis (27/7/2023).

Bacaan Lainnya

Bupati Samsurizal katakan, awalnya ia tidak mengetahui adanya Festival Flower Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara, namun ia dihubungi oleh Dirjen Ekonomi Kreatif dan Dirjen Holtikultura memerintahkan agar Pemda Parigi Moutong menghadiri Event tersebut mengingat Parigi Moutong telah dinobatkan menjadi Kabupaten Durian.

Olehnya kata Bupati, Parimo diperintahkan membuat Pameran Tunggal dan ini mahal, karena jika dilaksanakan di luar Parigi Moutong seperti di Jakarta, tentunya menguras banyak biaya karena bayar Studio tempat kegiatan, penginapan dan lain sebagainya. Karena minimnya anggaran, sehingga Kementrian berkoordinasi dengan panitia Festival Flower Tomohon maka Parimo dibolehkan ikut Pameran di sana. Sehingga semua potensi Parigi Moutong seperti Durian, Udang, Kelor, Beras dan lain lain dibawa ke Tomohon untuk di Pamerkan.

“Sehingga saya sampaikan kita tetap berangkat, dan saya minta yang ikut kesana yang punya peran saja,” Katanya.

Samsurizal katakan, pada Festival tersebut Parimo mengikuti tiga kegiatan sekaligus yaitu Pawai Karnaval untuk Durian dan Bunga, Fasion Carnaval dan Pameran yang memamerkan semua potensi unggulan Parigi Moutong khususnya hasil perikanan dan pertanian.

“Tujuanya agar bisa menjual hasil hasil potensi Daerah kita,” Ujarnya.

Dalam kesiapan pemberangkatan ke Tomohon, Bupati Samsurizal menunjuk Direktur Rumah Sakit Anuntaloko Parigi dr Revy J Tilaar sebagai Ketua Rombongan.

Festival Bunga Tomohon selain ada Karnaval bertema Bunga, pada acara itu juga akan ada Festival budaya dan kuliner khas Tomohon.

Kegiatan Tomohon Internasional Flower Festival berlokasi sekitar 20 kilo meter dari Kota Manado.***

Sumber: Diskominfo Parigi Moutong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.