Pemda Parigi Moutong Paparkan ke Pemprov Sulteng Terkait Kesiapan Sebagai Tuan Rumah Festival Durian Tahun 2023

Palu, Harianpos, – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Lewis, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK serta sejumlah pimpinan OPD jajaran Pemda Parigi Moutong, memaparkan kesiapan Parigi Moutong sebagai tuan rumah Festival Durian tahun 2023.

Pertemuan dipimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulteng, Drs. Ma’mun Amir, didampingi Asisten III Provinsi Sadli Lesnusa, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulteng, dan OPD jajaran Pemprov Sulteng yang berlangsung di ruang kerja Wagub Ma’mun Amir pada Senin, 27 Maret 2023.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan tersebut, Ketua TP-PKK Parigi Moutong Dra. Hj. Noorwachida Prihartini S. Tombolotutu memaparkan progres persiapan yang telah dilaksanakan oleh Pemda sebagai tuan rumah Festival Durian tahun 2023. Mulai dari persiapan lokasi, akomodasi, penganggaran, serta kesiapan teknis maupun non-teknis lainnya.

Potensi Durian yang ada di Parigi Moutong sangatlah besar, contohnya seperti Durian kampung yang memiliki cita rasa dan ciri khas tersendiri. Sementara Varietas Durian lain yang dikembangkan di Kabupaten Parigi Moutong antara lain Durian Montong, Musang king, Black Gown, Matahari, Super tembaga, Bawor, Petruk, dan Durian Lokal Raja. Dari sejumlah jenis di atas, didukung dengan pemasaran yang cukup baik.

Ketua TP-PKK juga menyampaikan bahwa varietas Durian Raja yang merupakan varietas unggul sudah direalisasikan pada tahun 2003 dan kini tumbuh subur di Parigi Moutong.

“Salah satu jenis durian lokal seperti durian raja yang merupakan varietas unggul yang sudah dirilis pada tahun 2003. Dan sekarang tumbuh subur di Parigi Moutong,” ujarnya.

Hal ini terbukti dengan kerja sama Pemerintah Daerah Parigi Moutong dan tiga perusahaan eksportir buah, yang antara lain dari PT. Indo Fruit, PT. Agro Semesta, dan PT. Laris Manis Utama, dipasarkan ke sejumlah kota seperti Jakarta, Surabaya, Kalimantan bahkan ke manca negara seperti China.

Dari hasil pemaparan tersebut, Pemda Parigi Moutong optimis bahwa penyelenggaraan festival ini yang bertajuk ‘Durian Parigi Moutong Go Internasional’ layak untuk dijadikan acara internasiona, sebutnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2022, produksi Durian di Kabupaten Parigi Moutong sebesar 30,542 Ton dengan luas panen 2.083 Hektare yang tersebar di enam (6) sentra yaitu Kecamatan Torue, Kasimbar, Toribulu, Tinombo Selatan, Parigi Selatan, Dan Sausu. Hal ini juga didukung dengan keadaan geografis Daerah kita yang dilalui garis Khatulistiwa yang menyebabkan durian dapat dipanen sepanjang Tahun tanpa harus menghadirkan teknologi atau rekayasa buah.***

Sumber: Humas Pemda Parimo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.