Ungkapan Salut Dubes Seychelles Dengan Kesuksesan HARKANNAS ke-9 di Parigi Moutong

Parigi Moutong, Harianpos,-  Penyelenggaraan Event Nasional Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke- 9 di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah yang digelar hari ini, Senin (21/11/22) mendapat apresiasi  dari Duta Besar (Dubes) Negara Seychelles untuk Indonesia Nico Barito.

Nico Barito mengungkapkan salut atas kesuksesan penyelenggaraan Event Hari Ikan Nasional di Kabupaten Parigi Moutong.

Bacaan Lainnya

“Atas nama Pemeritah dan Presiden Republik Seychelles, saya mendapatkan kebahagiaan khusus bisa menghadiri undangan bapak Bupati Parigi Moutong, dan ini satu kehormatan kami untuk bisa mendamping bapak Menteri yang juga mitra kami dalam ekonomi biru. Tidak ada yang dapat saya sampaikan selain salut, selamat dan sukses atas kegiatan HARKANNAS di Parigi Moutong,” Katanya.

Negara Seychelles kata ia, sebagaimana yang ia paparkan pada saat Lokakarya rangkaian HARKANNAS, Seychelles merupakan Negara Kepulauan yang termasuk negara maju dilautan Hindia.

“Ekonomi kami berasal dari perikanan dan sektor jasa. Hari ini income perkapita kami 30 ribu dolar, tetapi kami tidak pernah merayakan Hari Ikan Nasional. Disini saya melihat bagaimana Indonesia membangun keunggulan dari Universitas, bagaimana peran dari Pemerintah Daerah menjalankan perpaduan nelayan tradisional dengan kearifan lokal dan potensi daerahnya, dan itu luar biasa,” Katanya.

Terlepas dari itu kata Nico Barito, Perikanan Seychelles sangat maju, tetapi negara Seychalles harus belajar banyak dari budaya yang ada di Indonesia.

“Saya tadi sangat terkesima dengan tarian Carnaval, saya sudah janji sama pak Bupati, Tariannya saya undang ke Seychelles untuk mengisi Festival budaya,” Ucapnya.

Kaitan Hari Ikan Nasional kata ia, Ketahanan pangan Nasional di Negara Kepulauan dengan penduduk 100.000 orang dan wisatawan datang 500 ribu orang dengan konektivitas 19 Pesawat setiap hari maka konsumi ikan Seychelles 80 kilo per kapita.

“Saya tidak tahu pak Menteri kalau di Indonesia berapa, mungkin lebih kecil padahal rakyatnya banyak. Tetagga saya Negara Maldives ada 1.500 pulau dan penduduknya 300 ribu orang dan konsumsi perkapita ikan 170 kilo,” Jelasnya.

“Nah konektivitas dari Seychelles eropa itu baik. Brand ikan hasil lautan Hindia laut kita bersama karena Seychelles dan indonesia berbagi laut sama sama lautan Hindia.

“Sukses Hari Ikan Nasional di Parigi Moutong. Ketahanan pangan sebagai solusi Nasional yang digerakkan oleh Kementerian Kelauatan dan Perikanan. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses,” Tutupnya. ***

Sumber: Diskominfo Parigi Moutong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.