Perintah Gubernur ke OPD : Segera Eksekusi Proker, Bayar Pajak Randis

Gubernur Sulteng saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan upacara bulanan Pemprov di halaman kantor Gubernur, Senin (19/09/2022). Foto : Istimewa

Palu, Harianpos – Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura memerintahkan para kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD)lingkup Pemerintahan Provinsi(Pemrpov)agar segera mengeksekusi atau merealisasikan program kerja (Proker) masing-masing, sehingga mempercepat serapan anggarannya.

“Kepala OPD untuk sebisa mungkin mempercepat realisasi anggaran di instansinya masing-masing, jangan sampai mengendap terlalu lama uang mengendap di bank yang mengakibatkan rendahnya  serapan dan terlambatnya eksekusi program kegiatan,” perintah Rusdy Mastura, saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan upacara bulanan Pemprov di halaman kantor Gubernur, Senin (19/09/2022).

Selain itu, ia juga meminta agar setiap OPD segera membayar tagihan pajak kendaraan dinas (Randis) secepat mungkin, supaya menjadi contoh ke masyarakat tentang ketaatan membayar pajak kendaraan bermotor tepat pada waktunya sebagai wujud kontribusi  bagi pembangunan Sulawesi Tengah.

“Sesuai hasil laporan rekapitulasi badan pendapatan provinsi perihal tunggakan pajak dari 659 unit kendaraan dinas di seluruh OPD lingkup Provinsi tahun 2022 yang berkisar lebih dari 669 Juta Rupiah,” bebernya.

Lebih jauh, ia menyampaikan sebagai upaya mempercepat belanja pemerintah daerah maka diperlukan inovasi dan strategi OPD supaya belanja tersebut efektif dalam mendongkrak perekonomian, mensejahterakan masyarakat, membuka lapangan kerja dan menurunkan kemiskinan.

Gubernur meminta agar ASN dapat mengadopsi dan mempraktekkan birokrasi smart di Sulawesi Tengah, diantaranya reinventing government atau mewirausahakan birokrasi yang merupakan DNA baru sistem pemerintahan agar birokrasi Sulawesi tengah mampu berpikir out of the box untuk mengelola sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

“Untuk itu, ASN sekalian harus jadi pelopor perubahan dalam merombak kultur birokrasi dari yang berorientasi dilayani manjadi melayani, dari lambat menjadi cepat, dari tertutup menjadi terbuka, dan dari sendiri-sendiri atau kelompok-kelompok menjadi kolaboratif,” tutupnya.

Diakhir kegiatan upacara, Bank Sulteng melakukan undian Hadiah Tabungan ASN sebagai dorongan kepada ASN untuk lebih mencintai Bank Sulteng.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.