126 Calon Jemaah Haji Asal Parimo Diberangkatkan Juni 2024 Ini

ParigiHarianpos – Sebanyak 126 calon Jemaah Haji di kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan berangkat ke tanah suci pada 2 Juni 2024 mendatang.

126 orang itu terdiri dari 40 jemaah haji laki-laki dan 86 jemaah haji perempuan. Dari jumlah tersebut, 2 calon jemaah haji diantaranya masuk kategori lanjut usia (lansia).

Bacaan Lainnya

Hal itu diutarakan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Parimo, Muhamad Subhan. Ia mengatakan, ratusan calon Jemaah itu dijadwalkan masuk kloter terakhir untuk pemberangkatan wilayah Sulawesi Tengah.

“Parigi Moutong akan masuk kloter 14, terakhir untuk wilayah Sulawesi Tengah, dan akan digabung dengan Kalimantan Timur. Sesuai jadwal untuk kloter 14 pelepasan dari sini (Parimo) tanggal 31 Mei menuju Asrama Haji Palu. Tanggal 1 Juni ke Balikpapan dan tanggal 2 nya ke Jeddah,” ungkap Subhan saat ditemui dikantornya, Senin (06/05/2024).

Terkait ini, kata dia, pihaknya telah melakukan rangkaian tahapan persiapan pemberangkatan mulai dari pembekalan, bimbingan dan pemeriksaan kesehatan untuk para calon Jemaah. Olehnya, ia mengingatkan, jelang pemberangkatan semua calon Jemaah agar terus menjaga kesehatan.

“Itu agar para calon jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik,” jelasnya.

Selain dari 126 orang yang siap ikut ibadah haji, Subhan menyebut ada 5 orang memutuskan menunda keberangkatan haji tahun 2024 karena faktor kesehatan, ibu hamil dan keterbatasan ekonomi. Ke lima calon ini direncanakan akan dijadwalkan kembali pemberangkatannya tahun 2025.

“Jika tidak menemui kendala, mereka (5 calon Jemaah Haji) akan kami berangkatkan kembali tahun 2025,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Parimo, As’ad Latopada mengaku keberangkatan ratusan calon jamaah haji asal Parigi Moutong dijadwalkan hanya ada satu kloter dalam pemberangkatan, sehingga bakal diikutkan bersama calon Jemaah Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Jadi kita Parimo hanya ada satu kloter, nanti akan bergabung dengan jamaah haji Balikpapan Kalimantan timur,” kata As’ad.

As’ad Latopada mendoakan agar seluruh jemaah tersebut bisa menunaikan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.

“Mudah-mudahan mereka semua kembali ke tanah air dalam keadan sehat dan meraih haji yang mabrur,” pungkasnya. *

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.