Target PAD 2024 Lewat DPUPRP Parimo Sebesar Rp 375 juta

Parigi, Harianpos.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPR) kabupaten Parigi Moutong menargetkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2024 dari dinas ini sebesar Rp 375 juta. Besaran target tersebut masih sama seperti tahun ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Wayan Mudana saat mewakili kepala Dinas PUPR dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) yang dipimpin Ketua DPRD Sayutin Budianto. Pada rapat ini turut jiga dihadiri Wakil Ketua I Faizan Badja, dan Wakil Ketua II Alfrets Tonggiro berlangsung diruang Paripurna Dewan, Selasa, (24/10/2023).

Ia mengungkapkan untuk mencapai PAD sebagaimana yang ditargetkan, pihaknya akan menggenjot retribusi yang bersumber dari penyewaan alat berat, uji lab dan air minum.

“Untuk penyewaan alat berat dan uji lab itu sekitar Rp 175 juta dan air minum ditargetkan Rp 200 juta,” ujarnya.

Wayan optimis target PAD tahun depan (2024) bisa tercapai. Pasalnya, melihat dari PAD tahun 2023 sejak Januari sampai September sudah capai Rp. 300 juta atau 82,44 persen dari yang ditargetkan sebesar Rp. 375 juta.

“Target PAD yang dibebankan ke PUPR sampai dengan September 2023, sudah mencapai sekitar 300 juta lebih atau 82,44 Persen,” ungkapnya.

Meski demikian, Wayan Mudana mengaku guna mencapai pendapatan asli daerah ini khususnya bersumber dari air bersih harus memperbaiki beberapa fasilitas SPAM IKK yang mengalami kerusakan akibat bencana alam.

“Seperti SPAM IKK Torue dan Tolai, akibat terjadi kerusakan transmisi atau jaringan, sehingga aliran air tidak dapat mengalir ke pelanggan, bahkan di beberapa tahun yang lalu terdapat gempa bumi, makanya tidak dapat dilakukan,”pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Parimo Ketut Mardika berharap agar target PAD khususnya di air bersih dapat ditingkatkan.

” Karena di tahun sebelumnya, air bersih sebelum dialihkan ke Perusahaan Daerah (Perusda) bisa meningkat sampai Rp 800 juta,” terangnya.

Pewarta : Arif Ashari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.