Banjir Terjang Tiga Desa di Parigi Moutong, BPBD Terjunkan TRC

ParimoHarianpos, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, melaporkan bahwa tiga desa di kabupaten tersebut pada Minggu (26/3/2023) terendam banjir akibat meluapnya sungai akibat hujan lebat.

Tiga desa yang terdampak adalah Desa Paria, Desa Tompo, dan Desa Gio Barat, yang semuanya berada di Kecamatan Moutong. Hujan yang mengguyur sejak pukul 17.30 Wita hingga malam hari membuat air Sungai Taopa meluap.

Bacaan Lainnya

Tim reaksi cepat (TRC) sedang dalam perjalanan menuju lokasi banjir untuk melakukan asesmen lapangan. Saat ini, belum diketahui apakah ada kerusakan akibat bencana hidrometeorologi ini dan berapa jumlah warga yang terdampak serta mengungsi. Amirudin menyatakan bahwa data yang diperoleh masih belum valid karena TRC BPBD masih dalam perjalanan.

Pada hari Minggu sebelumnya, terjadi banjir di tiga desa lainnya di kabupaten tersebut, yaitu Desa Moutong Utara, Kecamatan Moutong, Desa Tomini Barat, dan Desa Tomini Utara, Kecamatan Tomini. Hasil asesmen tim di lapangan menunjukkan bahwa jumlah warga terdampak di tiga desa tersebut adalah sekitar 1.028 jiwa atau sekitar 322 kepala keluarga.

Amirudin menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa atau kerusakan bangunan, saat ini sedang dilakukan pendataan dan BPBD akan segera memberikan informasi terbaru mengenai situasi terkini.

“Dari peristiwa ini tidak ada korban jiwa, dan tidak ada ditemukan kerusakan bangunan. Air sudah surut, sedangkan banjir yang baru-baru terjadi sedang dilakukan pendataan dan secepatnya kami informasikan situasi terkini,” tutur Amirudin.

Ia juga meminta warga untuk tetap tenang dan tidak panik serta selalu meningkatkan mitigasi mandiri bila sewaktu-waktu terjadi banjir karena sedang musim hujan. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.