Pondok Pesantren Ulumuddin Boyantongo Gelar Kegiatan Pondok Ramadhan Rutin Tahunan

ParimoHarianpos –Pondok Pesantren Ulumuddin Boyantongo mengadakan Pondok Ramadhan pada hari ketiga Ramadan, 25 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan oleh madrasah yang ada di lingkungan pondok pesantren Ulumuddin Boyantongo dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di dalamnya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Ulumuddin Boyantongo, Nurmin Antu, mengatakan bahwa kegiatan Pondok Ramadhan memiliki program pada 10 hari pertama puasa dengan menyelenggarakan perkampungan Al-Qur’an dan pada 10 hari kedua puasa dengan perkampungan bahasa Arab. Tujuan dari Pondok Ramadhan ini adalah agar santri benar-benar memahami ilmu Al-Qur’an yang dibaca setiap hari, bukan hanya lancar membaca, tetapi juga fasih dalam pengucapan serta terbiasa berbahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan kedua adalah untuk menciptakan kekompakan di antara santri dan santriwati (team solid) terhadap kelompoknya masing-masing.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Ketua Panitia, Irwandi, menjelaskan bahwa materi-materi pada Pondok Ramadhan akan disampaikan oleh para ustadz dan azatizah penghafal Quran yang ada di pondok pesantren Ulumuddin.

Kegiatan akan dimulai pada pukul 07.30 WITA setiap harinya dengan Salat Dhuha, dilanjutkan dengan kegiatan “one day one juz” untuk santri yang sudah lancar membaca Al-Qur’an, dan kelompok binozor untuk santri yang belum mahir membaca seperti tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari tanggal 25 Maret hingga 13 April 2023, diikuti oleh santri dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah yang ada di lingkungan Ponpes Ulumuddin Boyantongo. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.