Pempek Indonesia Masuk Makanan Seafood Terenak di Dunia!

Harianpos, Kuliner Indonesia, Pempek masuk ke daftar makanan seafood terenak di dunia. Pempek berada di urutan ke-4, simak ulasannya.

Indonesia sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki banyak sumber daya laut yang melimpah. Berbagai hasil laut tersebut, diolah menjadi berbagai makanan lezat salah satunya adalah Pempek.

Bacaan Lainnya

Kudapan khas kota Palembang, Pempek baru-baru ini berhasil dinobatkan jadi makanan seafood terenak keempat dunia dari 50 negara yang ada versi Taste Atlas, Maret 2023.

Mengutip dari laman Instagram resmi Taste Atlas, Senin (13/3/2023) Pempek berada di posisi keempat dengan poin 4.7 setelah Portugis dengan Amêijoas à Bulhão Pato, Spanyol – Gambas al ajillo, dan Austria – Ceviche mixto. Mengalahkan sushi, takoyaki, dan sashimi dari Jepang.

Hal ini menambah daftar kuliner Indonesia yang mendunia, selain rendang dan gado-gado. Pempek merupakan

Pempek merupakan produk hasil olahan daging ikan yang tinggi protein, biasanya ikan tenggiri dengan tampilan berwarna putih, serta tekstur yang kenyal dan elastis.

Meskipun kudapan ini, adalah makanan khas dari Palembang, namun kini hampir seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati pempek tanpa harus jauh-jauh datang ke Palembang. Rasa pempek juga gurih dan enak dengan rasa khas ikan.

Pempek biasanya disajikan dengan kuah khas yang memiliki rasa segar asam, dinamakan cuko. Kini banyak pembuat pempek yang melakukan inovasi dari bahan dasar pembuat pempek. Tak hanya terbuat dari ikan tenggiri saja, saat ini pempek dibuat juga dari olahan ikan nila, daging ayam, ataupun daging sapi.

Sejarah pempek sendiri, berasal dari nama seorang pria keturunan Tionghoa, bernama Apek. Pada mulanya makanan buatan Apek ini belum memiliki nama, lambat laun karena Apek menjual makanannya keliling warga memanggil namanya untuk membeli dagangannya dan hanya terdengar ujung nama pria tersebut, “peek…peek” dan akhirnya panganan buatan Apek populer dengan nama pempek yang merupakan hasil plesetan nama sang pembuat pempek pertama kali.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.