Gerai Prabumi: Mengkampanyekan Hidup Minim Sampah di Kota Padang

Padang, Harianpos,- Gerai Prabumi, yang berada di Kota Padang, didirikan oleh Afifah Putri Adita dengan tujuan untuk mengkampanyekan hidup minim bahkan bebas sampah (zero waste). Gerai ini memiliki visi misi untuk mengurangi sampah dan membuat perubahan positif dalam skala besar pada lingkungan melalui evolusi ritel. Misinya adalah menyediakan produk bebas kemasan plastik dan alami serta lebih mudah terakses, terjangkau dan nyaman untuk semua orang.

Awalnya, gerai ini hanya memproduksi kantong untuk menampung makanan dan kantong lain yang bisa dipakai berulang kali. Namun setelah kegiatan sustainable development goals (SGDs) untuk Sumatera Barat pada tahun 2020, Afi merasa perlu untuk melanjutkan dan menjadikannya sebagai usaha sendiri. Gerai ini pun resmi dibuka pada Januari 2022.

Bacaan Lainnya

Menurut Afi, Prabumi memiliki banyak arti. Ia bisa berarti gerai produk ramah bumi, dan juga berarti menjaga lingkungan hidup. Harapannya, Kota Padang bisa lebih bersih, sampah bisa berkurang, dan masyarakat bisa memulai gaya hidup berkelanjutan.

Gerai Prabumi ingin membuktikan bahwa penerapan ekonomi sirkular di retail bisa dilakukan. Sesuai dengan visi dan misinya, gerai ini tidak menyediakan kantong plastik untuk para konsumen yang belanja. Bagi yang tidak membawa wadah belanja, gerai akan meminjamkan wadah kaca atau bisa membelinya.

Gerai ini beralamat di Jalan Hang Tuah Nomor 207 Kota Padang dan buka setiap Selasa-Minggu. Gerai Prabumi tidak hanya menyediakan produk bebas kemasan plastik, tetapi juga produk lokal. Misinya adalah memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat melalui edukasi dan mendukung produk lokal.

Afifah menjelaskan bahwa ada tiga kategori produk yang dijual di Gerai Prabumi, yaitu makanan, peralatan rumah tangga, dan perawatan tubuh. Beberapa produk dijual dalam bentuk isi ulang seperti sabun dan bumbu dapur dan harganya dihitung per mililiter pembelian.

Sejak awal buka, beberapa produk di Gerai Prabumi diminati oleh masyarakat. Produk home care yang paling diminati adalah deterjen pakaian dan sabun cuci piring. Banyak orang membawa wadah sendiri untuk menghindari penggunaan kantong plastik.

Gerai Prabumi juga mengutamakan edukasi pada masyarakat. Dengan edukasi yang diberikan, gerai ini berharap masyarakat dapat memulai perubahan kecil yang berdampak besar pada lingkungan hidup. Gerai Prabumi ingin mendorong masyarakat untuk memulai gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Melalui Gerai Prabumi, Afifah Putri Adita membuktikan bahwa usaha kecil dapat memberikan dampak besar pada lingkungan hidup dan masyarakat. Gerai ini juga membuka peluang bagi UMKM lokal untuk mengembangkan bisnisnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.