Satgas BBM Sulteng Kunjungi SPBU Antisipasi Kelangkaan Jelang Nataru

Palu, Harianpos, Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Tim satgas pengawasan BBM dan LPG 3 Kg melakukan monitoring di sejumlah SPBU Kota Palu.

Tim satgas, Kamis (22/12/2022), turun untuk memantau ketersediaan bahan bakar jelang nataru agar tidak terjadi hambatan yang dapat mengganggu kelancaran distribusi bahan bakar ke masyarakat Palu pada khususnya.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya tim terlebih dahulu menemui Pj Sekda Dr. Rudi Dewanto, SE, MM untuk melakukan koordinasi.

“Semoga stok BBM aman dan Sulawesi Tengah stabil,” harap Rudi Dewanto.

Tim yang terdiri dari Kabag Kebijakan Perekonomian Syarief, SE, M.Si selaku koordinator, Bripka Kamrol Sirait dari Polda Sulteng, Fahat dari Hiswana Migas, Irsan Firdaus Gani dari Pertamina dan Moh. Zulkarnain, S,Sos memulai monitoring di SPBU Imam Bonjol lalu SPBU Bayaoge, SPBU Tavanjuka dan berakhir di SPBU Towua.

“Kedatangan Kami untuk mengawasi dan monitoring kebutuhan BBM menjelang natal dan tahun baru,” tutur Kabag Syarief menjelaskan kepada pengelola SPBU yang ditemui.

Tim lalu meminta keterangan pengelola seputar jumlah pasokan BBM per hari, jumlah karyawan SPBU, dan kendala-kendala yang dihadapi pengelola.

Dari keempat lokasi, tidak ditemukan indikasi gangguan distribusi BBM, antrian panjang kendaraan dan pembelian BBM bersubsidi menggunakan jerigen.

Jumlah pasokan BBM bersubsidi jenis pertalite di 4 SPBU yang dikunjungi tim berada di kisaran 24 s.d 40 Kiloliter/hari dan solar hanya 8 Kiloliter/hari.

Untuk BBM nonsubsidi jenis Pertamax dan Dexlite masing-masing pasokannya 16 Kiloliter/bulan.

Sementara untuk mengantisipasi pemilik kendaraan yang sengaja mengisi BBM bersubsidi berulang kali maupun menggunakan tangki modifikasi maka pihak pengelola SPBU melakukan pengawasan ketat, yaitu dengan menginput nomor polisi kendaraan ke dalam sistem pertamina dan penggunaan barcode.

Jika kendaraan telah melewati kuota harian maka kata pengelola tidak dapat mengisi lagi BBM bersubsidi.

Upaya lainnya ialah dengan memotret tiap kendaraan yang mengisi BBM bersubsidi untuk pengawasan.

Kabag Syarief lalu mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas langkah-langkah antisipatif yang dilakukan SPBU untuk memastikan BBM bersubsidi tersalurkan sesuai ketentuan.

Ia juga meminta supaya dipasang kembali himbauan-himbauan terkait ketentuan pemanfaatan BBM bersubsidi serta petunjuk jalur-jalur pengisian bahan bakar di SPBU supaya antrian kendaraan terkelola dengan rapi.

“Tolong himbauan-himbauan itu dipasang kembali agar konsumen semakin paham peruntukan BBM bersubsidi,” imbuhnya.***

Sumber: Ro Adpim Setdaprov Sulteng

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.