Festival Musik Cipta Lagu Kaili 2022, Komitmen Brimob Sulteng Pada Kelestarian Budaya

Palu, Harianpos– Korps Brimob Sulteng sukses gelar Festival Musik Cipta Lagu Kaili 2022, Sabtu, (10/12/2022).

Tercatat belasan seniman-seniman olah suara Sulawesi Tengah turut serta, beradu suara dan keterampilan akustik didepan juri-juri berkualitas.

Bacaan Lainnya

Dansat Korps Brimob Sulteng Kombes Pol Mokhamad Alfian Hidayat, S.I.K., dalam sambutannya menyatakan ketertarikannya terhadap keindahan bahasa Kaili, hal ini diwujudkan dengan pemutaran lagu-lagu Kaili sebagai lagu-lagu pembuka dan penyemangat pasukan menyambut kegiatan apel pagi rutin.

“Saya ingin kita memiliki lagu – lagu yang bisa dinikmati semua orang, dan Saya akan selalu berusaha melestarikan warisan-warisan leluhur kita” Ucapnya kepada tamu undangan, peserta dan penonton yang hadir.

Festival Musik Cipta Lagu Kaili 2022 ini digelar sehari penuh dengan hasil peringkat pertama diraih oleh pemusik Arthur Palembang dan Sinyo Marthen Mawo Fatlolona dari kota Palu, peringkat kedua diraih oleh Taufik asal desa Sienjo dan peringkat ketiga diraih Rayan Meizar Rabbani dan Muhammad Abdullah Jabar.

Hasil ini diraih dari penjurian ketat Azwarjho, Adyka Arsyad dan Adi pakinde yang juga memutuskan dua peserta favorit yang berhasil diraih Resar dan Kaharuddin (Bado Losari).

Suasana penuh kesakralan budaya pada Festival Musik Cipta Lagu Kaili 2022 tersebut pun semakin kental lewat penampilan grup etnik Dade Ndate asal Sindue.

“Kita bersyukur, ada Korps Brimob Sulteng yang peduli akan keberadaan musik daerah terutama musik Kaili, dan ini adalah yang pertama kali di Sulawesi Tengah. Harapannya ini menjadi kegiatan rutin tahunan sehingga keberadaan musik Kaili mampu jadi tuan rumah di tanah sendiri, sebagaimana yang diharapkan bapak Dansat” Ujar Azwarjho.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.