Survei Terbaru ARCHY : Elektabilitas Cudy Ungguli AA dan AH untuk Pilgub

Jakarta, Harianpos – Lembaga survei ARCHY Research and Strategy Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait popularitas dan tingkat keterpilihan terhadap calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2024. Hasil terbaru, elektabilitas Cagub Rusdy Matura atau Cudy ungguli dua calon lainnya yakni Ahmad Ali (AA) dan Anwar Hafid (AH).

Diketahui, lembaga ARCHY Research and Strategy melaksanakan survei periode 20 – 26 mengumpulkan data dari populasi sampel 1.200 responden yang tersebar di 12 Kabupaten dan 1 Kota di Sulteng dengan penyebaran proporsional di berbagai kalangan masyarakat,

Pada hasil survei tersebut elektabikitas Cudy sebagai calon gubernur berada pada posisi teratas yaitu 41,8 persen, dibanding AA 28,6 persen dan AH 23,6 persen.

Hal itu disampaikan pihak ARCHY Research and Strategy, Mukhradis dalam konferensi persnya di kantor pusat ARCHY di Jakarta Selatan, Selasa (01/10/2024).

Mukhradis menjelaskan, survei ini memiliki Margin of Error sebesar 2,38 persen dan Confidence Interval sebesar 95 persen yang menunjukkan tingkat kepercayaan tinggi terhadap hasil yang diperoleh. Metodologi survei dilakukan secara ketat untuk memastikan akurasi dan representasi data yang dikumpulkan.

“Survei ini memberikan gambaran yang jelas tentang preferensi pemilih mejelang Pilgub di Sulteng tahun 2024. Dengan responden yang tersebar secara proporsional di seluruh Kabupaten/Kota. Kami yakin data ini mampu merefleksikan aspirasi dan harapan masyarakat secara akurat,” jelas Mukhradis.

Lembaga ARCHY ini pun mensurvei tingkat keterpisahan Rusdy Mastura ketika berpasangan dengan Sulaiman Agusto selalu Wakil Gubernur.
Hasilnya menunukan pasangan ini berada pada posisi pertama dengan jumlah 32,3 persen.

Tingginya angka survei itu, kata Mukhradis, diperkuat sosok petahana Rusdy Mastura yang cukup fenomenal bagi warga Sulawesi Tengah yang dikenal sebagai Gubernur bermasyarakat dan rajin turun ke lapangan.

Selain itu, faktor tingginya elektabilitas Paslon Sangganipa tersebut bermula pasca Cudy – Agusto mendaftarkan diri ke KPU Sulteng maju di Pilgub membuat sebagian besar tim relawan kandidat lain dan pemilih berbalik arah demi mendukung petahana.

Mukhradis menuturkan, terjadinya perubahan arus dukungan difaktori kedekatan masayarakat dengan Rusdy Mastura, ditambah prestasi kepemimpinannya pada periode pertama.

“Rusdy Mastura masih diharapkan oleh masyarakat untuk melanjutkan program-program strategisnya. Namun demikian berbeda tipis dari pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim (AA-AKA) dengan tingkat popularitas yang diperoleh dengan jumlah 29,6 persen. Sementara untuk pasangan Anwar Hafid-Reni Lamadjido menempati urutan ketiga dengan jumlah 25,6 persen, ” ungka tutur Mukhradis.

Sementara itu dari hasil survei popularitas ini yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 12,5persen.* (Rls.arch./LPN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.