Risharyudi Triwibowo : Entrepreneur Muda Sulteng Juga Bisa Go Internasional

Palu, Harianpos – Seminar entrepreneur muda yang dilaksanakan belum lama ini oleh
Wirausahawan Muda Nusantara (WIMNUS) dihadiri ratusan anak muda.

Seminar berbayar yang digagas oleh tokoh muda inspiratif motivator nasional Mr. Syafii Efendi yang juga sebagai Presiden IOC Youth tersebut digelar di dua wilayah yaitu Kota Palu dipadati 600 peserta dan di Parigi dihadiri 250 orang.

Di event berbagi motivasi itu juga turut hadir tokoh pemuda Sulteng saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Risharyudi Triwibowo atau kerap disapa Mangge Bowo.

Dalam sambutannya, Risharyudi Triwibowo, menyampaikan bahwa pertarungan masa depan bagi anak muda Indonesia khusus pemuda Sulteng akan lebih berat karena adanya Free Asian Trade, Global Trading, Bonus Demografi dan perkembangan zaman.

Sehingga menurutnya, salah satu cara untuk menang adalah persiapkan diri lewat kerja keras, kerja cerdas dan kerja bersama, penuhi diri dengan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, tambahkan kemampuan berbahasa internasional, serta pengetahuan teknologi atau menguasai jejaring informatika.

” Ayo jangan habiskan waktu mudamu dengan bermalas-malasan, jangan jadi penonton apalagi jadi korban kemajuan jaman di masa depan,” ucapnya.

Pantauan media, antusias para peserta seminar terlihat sangat energik dan partisipatif, Coach Syafii mampu menghipnotis peserta yang hadir.

Pada penyampaiannya, Syafii mengatakan bahwa saat ini dari anak muda diperlukan keberanian, terobosan dan kesabaran untuk menjadi manusia hebat di masa depan.

Bagi dia, setiap anak muda merupakan calon pemimpin bangsa, daerah dan calon-calon pengusaha sukses jika mampu persiapkan diri dari sekarang. Sebab, kata dia, masa depan milik anak muda olehnya jangan dulu pacaran, fokus menata masa depan.

Menurut Syafii, mental anak muda kita harus mulai dibenahi sejak dini, jangan semua berpikir untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah lulus sekolah atau kuliah karena kuota jabatan ASN sangat terbatas di Indonesia, sebaiknya sebagai anak muda mulai berpikir untuk menjadi pengusaha sukses kaliber internasional yang mendunia.

“Karena dibutuhkan kekuatan ekonomi untuk menjadi negara maju,” ujar sia.

Dikesempatan itu, Bowo memberi contoh tentang dirinya yang berasal dari keluarga biasa, lahir besar di Jayapura Papua, bapaknya orang Buol Sulteng, ibunya dari Solo Jateng, berangkat dari kota kecil bernama Sentani kini ia mampu berkiprah di kancah nasional dan berbuat untuk Indonesia khususnya Sulteng.

“Angkat mental block di kepalamu jika mau sukses, buang rasa minder, lepaskan rasa tidak percaya diri, singkirkan keraguan untuk maju, boleh malu jika berbuat kesalahan/dosa, tapi dalam hal kebaikan tidak boleh ada rasa malu, kreatifitas tanpa batas dalam hal positif, jangan takut untuk berkarya, silahkan jadi generasi mager tapi tetap berpenghasilan maksimal, bila perlu mager tapi kaya, bagaimana caranya? manfaat teknologi media sosial masa kini yang hampir kebanyakan orang pasti hadir di dalamnya,” pungkas Bowo.

Bagi Bowo, Sulteng punya sumber daya alam yang kaya, manusia yang cerdas, alam yang diberkahi, mari sama-sama bergerak maju menuju masa depan yang lebih cerah untuk Sulteng dahsyat. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.