Tanggal 6 Maret Hari Memperingati Apa?

KSAD, Jenderal TNI Dudung saat menyambangi Museum Guma Tadulako, Jum’at (26/11/2021). Foto : Harianpos/Ari

Harianpos, Tanggal 6 Maret 2023 jatuh pada hari Senin. Setiap tanggal 6 Maret ditetapkan sebagai Hari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD).

Selain itu, tanggal 6 Maret juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 6 Maret 2023:

Bacaan Lainnya

Hari KOSTRAD
Setiap tanggal 6 Maret diperingati sebagai hari KOSTRAD. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan hari lahirnya KOSTRAD pada 6 Maret 1961.

Melansir dari situs resminya, KOSTRAD berkedudukan langsung dibawah Kasad sedangkan dalam segi operasional Kostrad berkedudukan langsung dibawah Panglima TNI.

Mulanya KOSTRAD merupakan leburan dari para anggota Cadangan Umum AD (Caduad). Pasukan tersebut dibentuk untuk menumpas beberapa pemberontakan di tahun 1948-1950.

Setelah mengalami perjalanan panjang dan terakhir berhasil merebut Irian Barat masuk menjadi NKRI, maka pperasi kemudian dilanjutkan dengan Operasi “Wisnu Murti”, yaitu operasi lanjutan sebagai langkah konsolidasi.

Lalu melalui Keputusan Men/Pangab 19 Februari 1963, Korra I/Caduad dilebur menjadi Komando Strategis TNI Angkatan Darat atau KOSTRAD.

Hari Konvensi CITES

Setiap tanggal 6 Maret diperingati sebagai hari konvensi Convention on International Trades on Endangered Species of Wild Flora and Fauna (CITES). CITES merupakan sebuah perjanjian internasional yang fokusnya pada perlindungan satwa dan tumbuhan liar.

Hal ini didasari karena maraknya perdagangan internasional terhadap satwa dan tumbuhan liar. Melansir dari situs cites.org, hari ini ditetapkan dalam IUCN (The World Conservation Union) pada tahun 1963 dengan disetujui oleh 80 negara.

Dengan adanya Hari Konvensi CITES diharapkan menjadi dorongan untuk melindungi spesies satwa dan tumbuhan liar khususnya yang hampir punah guna memelihara ekosistem yang baik.

Hari Pengangguran Internasional Hari

Pengangguran Internasional pertama kali dicetuskan di Amerika Serikat pada tahun 1930. Melansir dari The Washington Post, awal mulanya terjadi karena krisis ekonomi yang melanda Amerika Serikat hingga merembet ke negara eropa.

Akibatnya pada tanggal tersebut diadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut kesejahteraan ekonomi. Pasalnya peristiwa krisis ekonomi ini berlangsung selama 10 tahun, sejak 1929 hingga 1939 saat Pemerintahan AS dipimpin oleh Herbert Hoover.

Demonstrasi baru mereda pada tahun 1933 pasca naiknya Franklin Delano Roosevelt menjadi Presiden Amerika Serikat menggantikan Horbert Hoover. Untuk mengingatkan momentum tersebut maka setiap tanggal 6 Maret diperingati sebagai Hari Penggangguran Internasional.

Hari Dokter Gigi

Di luar negeri khususnya Amerika Serikat memperingati hari dentist setiap tanggal 6 Maret. Melansir dari National Today,

Perayaan hari dokter gigi ini dirayakan dengan melakukan berbagai aksi. Seperti mengirimkan kartu ucapan terima kasih ke dokter gigi mereka atau meninggalkan ulasan positif tentang layanan mereka di media sosial.

Hari Fakta Menarik Tentang Nama

Hari Fakta Menarik Tentang Nama atau yang dikenal dengan Fun Fact About Name Day merupakan perayaan yang dirayakan pada hari Senin di minggu pertama bulan Maret dimana hari itu jatuh pada tanggal 6 Maret 2023.

Perayaan ini mulanya ada di Amerika Serikat dimana orang bisa mencari tahu arti dan etimologi setiap nama mereka. Hal ini karena mayoritas orang tidak ingat bahkan tidak mengetahui asal usul atau arti dari nama mereka.

Haei Fakta Menarik Tentang Nama ini awal mula dicetuskan oleh seorang penghobi onomatologi, Jerry Hill pada tahun 1997. Dengan adanya hari perayaan ini diharapkan menjadi momentum untuk mengetahui arti nama sendiri.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.