Hitung Mundur Ramadhan 2023, Baca Doa Ini untuk Menyambutnya

Jakarta, Harianpos.com – Saat ini kalender hijriah telah memasuki bulan Syaban 1444 H. Artinya, tinggal menghitung hari saja umat Islam akan menyambut bulan Ramadhan.

Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa sebab Allah SWT telah menjadikan bulan ini sebagai bulan penuh berkah. Bulan ketika pintu surga sedang dibuka lebar, pintu neraka ditutup rapat, dan setan-setan yang menggoda manusia untuk bermaksiat dibelenggu. Sebagaimana dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Bacaan Lainnya

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan para setan diikat. Juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya, maka dia tidak memperoleh apa-apa” (HR Ahmad dan An-Nasa’i).

Penetapan Tanggal 1 Ramadhan 1444 H
Dilansir dari laman Simbi Kemenag, mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M yang diterbitkan oleh Kemenag RI, perkiraan awal Ramadhan tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Maret 2023.

Artinya, jika dihitung sejak hari ini Jum’at (03/03/2023), umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan sekitar dua pekan lagi.

Penetapan hari pertama puasa Ramadhan biasanya diumumkan oleh pemerintah secara resmi menggunakan metode rukyatul hilal atau pengamatan hilal.

Melansir laman muhammadiyah.or.id, Muhammadiyah telah mengeluarkan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1444 Hijriah pada hari Sabtu (21/01) lalu

Maklumat PP Muhammadiyah menetapkan bahwa Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis Pon, 23 Maret 2023 M.

Penentuan tanggal tersebut didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang hasilnya sebagai berikut:

  1. Pada hari Selasa Legi, 29 Sya’ban 1444 H bertepatan dengan 21 Maret 2023 M, ijtimak jelang Ramadhan 1444 H belum terjadi. Ijtimak terjadi esok harinya, Rabu Pahing, 30 Sya’ban 1444 H yang bertepatan dengan 22 Maret 2023 M pukul 00:25:41 WIB.
  2. Tinggi Bulan pada saat Matahari terbenam di Yogyakarta ( f = -07° 48¢ dan l = 110° 21¢ BT ) = +07° 57¢ 17² (hilal sudah wujud), dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam itu Bulan berada di atas ufuk.
  3. Umur bulan Sya’ban 1444 H 30 hari dan tanggal 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis Pon, 23 Maret 2023 M.

Sementara itu, Nahdlatul Ulama (NU) belum mengumumkan kapan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan 1444 H. Penentuan jatuhnya 1 Ramadhan NU masih menunggu keputusan sidang isbat yang umumnya diselenggarakan pada tanggal 29 Sya’ban. Akan tetapi, waktu dan tempat pelaksanaan sidang isbat Ramadhan 1444 H hingga saat ini belum diinformasikan lebih lanjut oleh PBNU.

Sementara itu, Nahdlatul Ulama (NU) belum mengumumkan kapan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan 1444 H. Penentuan jatuhnya 1 Ramadhan NU masih menunggu keputusan sidang isbat yang umumnya diselenggarakan pada tanggal 29 Sya’ban. Akan tetapi, waktu dan tempat pelaksanaan sidang isbat Ramadhan 1444 H hingga saat ini belum diinformasikan lebih lanjut oleh PBNU.

Doa Menyambut Ramadhan
Sebelum memasuki bulan Ramadhan, alangkah baiknya apabila umat muslim menyambut bulan Ramadhan dengan memperbanyak doa.

Dikutip dari buku Misteri Bulan Ramadhan karya Yusuf Burhanudin, berikut ini adalah salah satu doa menyambut Ramadhan yang dapat diamalkan oleh umat muslim sebagai permohonan agar Ramadhan menjadi suci dari perilaku kotor.

أَللَّهُمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ وَسَلَّمْ رَمَضَانَ لِي وَسَلَّمْهُمِنِّي مُتَقَبَّلاً

Latin: Allahumma sallimni li ramadhaana wa sallim ramadhaana lii wa sallimhu minni mutaqabbalan

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadhan dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, serta selamatkanlah Ramadhan dariku demi amal ibadah yang diterima.” (HR Thabrani).***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.