25 Unit Huntara di Torue Terkendala Air Bersih dan Listrik, Begini Upaya BPBD Parimo

Parimo, Harianpos.com – Puluhan Kepala Keluarga (KK) warga penyintas banjir bandang di kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang terjadi pada Juli 2022 lalu telah mendapat bantuan Hunian Sementara (Huntara) sebanyak 52 unit yang diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dari total bantuan yang diserahkan, terdapat 25 unit belum bisa ditempati karena masih terkendala fasilitas mendasar.

Bacaan Lainnya

Seperti diungkap sekretaris BPBD Parimo, Rivai saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (03/02/2023).

Ia menjelaskan bahwa dari jumlah 52 Huntara tersebut sebanyak 27 unit yang dibangun diatas lahan milik warga penerima kini sudah ditempati. Tetapi 25 unit lainnya yang bertempat diarea perumahan nelayan belum bisa dihuni karena belum tersedia fasilitas air bersih dan aliran listrik sebagai suatu kebutuhan mendasar.

“27 unit rumah yang dibangun di atas lahan penerima telah ditempati, namun 25 Unit masih menunggu penyediaan air bersih dan pemasangan listrik. Yang tersisa ini belum dapat dihuni  dan itu menjadi tanggungjawab pihak Pemerintah Kabupaten,” jelas Rivai.

Ia mengatakan, saat ini BPBD Parimo melalui kepala bidangnya sedang berkoordinasi dengan pihak PLN perihal penyelesaian kendala listrik tersebut.

Kerjasama serupa dijalin dengan Dinas PUPRP Parimo mengenai solusi ketersediaan air bersih di Huntara. Dengan begitu, Rivai berharap bantuan hunian yang tersedia semuanya bisa ditempati penyintas.

“Diharap kerjasama antara PLN, PUPRP dan BPBD agar bantuan hunian tersebut bisa semua segera ditempati,” harapnya.

Pewarta : Arif Ashari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.