Desa Talaga Jadi Lokasi Food Estate Adaong Persiapan Penyangga IKN

Pejabat Pemrpov meninjau lokasi Food Estate Adaong Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala , Selasa (05/04/2022). Foto : Humas Pemda Sulteng

Palu, Harianpos Sejumlah pejabat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) meninjau lokasi Food Estate  Adaong Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala , Selasa (05/04/2022).

Para pejabat terdiri dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr. Rudy Dewanto,SE,  MM, Kadis Bina Marga dan Tata Ruang , Ir. Syaifullah Djafar, M.Si, Kadis Pertanian dan Holtikultura , Ir. Nelson Metubun , M,Si, Tim Ahli Gubernur Hamdin, termasuk Camat Dampelas Aswin dan Tim Teknis lainnya.

Pada titik nol lokasi Food Estate Adaong, Dr. Rudy Dewanto, SE, MM, menyampaikan, bahwa sesuai arahan Gubernur Sulteng, lokasi ini dijadikan area pengembangan lokasi Food Estate berdasarkan usulan masyarakat. Olehnya,   diharap kepada seluruh OPD teknis agar mematangkan perencanaan untuk pembangunan infrastruktur jalan , land clearing lokasi,sehingga rencana pengembangan Food Estate guna mencapai tujuan yakni mendukung Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga IKN.

Rudy Dewanto , menyampaikan,  pengembangan Food Estate Adaong di desa Talaga akan menjadi kawasan strategis nasional dan menjadi program nasional untuk mendukung IKN. Rencanannya ini akan diresmikan langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo. Olehnya perlu membuat alternatif jalur kunjungan Presiden dan dipersiapkan Infrastruktur pendukungnya.

Hal sama diungkap, Kadis Pertanian dan Holtikultura, Nelson Metubun. Ia  menyampaikan bahwa lokasi food estate adaong desa Talaga kecamatan Dampelas sangat potensial. Hal tersebut dapat dilihat dari tanahnya sangat subur dan sangat cocok untuk mengembangkan tanaman seperti Cengkeh , Jagung dan Kedelai.

Menurutnya, Dinas Pertanian dan Holtikultura Preovinsi Sulteng akan memberikan dukungan untuk pengembangan Food Estate Adaong Desa Talaga.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Holtikultura akan meningkatkan produktifitas produksi pertania melalui lokasi pertanian masyarakat yang  eksisting, sehingga apa yang menjadi harapan Gubernur untuk mempersiapkan pusat logistik untuk IKN dapat terjawab, seperti peningkatan produksi jagung di kabupaten Tojo Una-Una , Kabupaten Buol, produksi holtikultura di Napu Kabupaten Poso, dan peningkatan produksi dan produktifitas padi di Kabupaten Banggai , Parigi Moutong dan Sigi, lebih jauh

“ potensi pertanian dan holtikultura Sulawesi Tengah sangat tinggi dan siap untuk menjadi pusat logistik untuk IKN,” ungkapnya.

Terkait lokasi ini, Kadis Binamarga dan Tata ruang Ir. Syaifullah Djafar, M,Si menyampaikan akan mempersiapkan insfrastruktur jalan menuju lokasi Food Estate Adaong desa Talaga Kecamatan Dampelas, kabupaten Donggala dengan harapan percepatan fungsi Food Estate dapat segera diwujudkan.

“ Lokasi food estate adaong desa Talaga kecamatan Dampelas dari jalan trans menuju lokasi sepanjang 12 km dan luas pengembangan food estate seluas lebih kurang 1.500 hektare,” tutur Ir. Syaifullah Djafar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.