Dukcapil Parimo Terbitkan 4.163 KK di Daerah Terpencil

Kadis Dukcapil Parimo, Hamran Pakaya saat ditemui di ruang kerjanya. Foto : Harianpos.
banner 468x60

Parimo, Harianpos Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) bertekad terus melakukan percepatan dan mempermudah pelayanan pembuatan Administrasi Kependudukan  (Adminduk) bagi masyarakat, utamanya penduduk di area pelosok.  Salah satu upaya yang dilakukan, melalui program ‘jemput bola’ dengan membuka layanan pembuatan Adminduk di daerah terpencil, sebagaimana yang sudah dilakukan pada Oktober 2021 lalu.

Diketahui, Dukcapil Parimo telah melakukan proses pelayanan pembuatan Adminduk  di tiga kecamatan yang memiliki desa  wilayah pegunungan yakni, kecamatan Sidoan, Tinombo dan Palasa, hasilnya  sebanyak 4.163 Kartu Keluarga (KK) tercetak baik  pembuatan baru maupun perubahan KK.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Selain pembuatan KK, pada program tersebut, Dukcapil juga membuka  pelayanan data penduduk lainnya seperti perekaman KTP elektronik sebanyak 1.512  orang,  Nomor Induk Kependudukan (NIK) sejumlah  2.367  dan  cetak  KTP elektronik  3.644 keping. Termasuk penerbitan akta kawin, akta kelahiran, akta cerai dan akta kematian.

Kepala Dukcapil, Hamran Pakaya mengatakan pelayanan Adminduk tersebut  berlangsung di 20 titik wilayah pedalaman yang meliputi tiga kecamatan. Hal itu bertujuan agar masyarakat  yang tinggal diarea pegunungan tersebut  memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, mengingat adminduk sangat penting bagi masyarakat baik untuk pelayanan kesehatan, pendidikan,termasuk menjadi syarat untuk menerima bantuan Pemerintah.

“Dua puluh titik pelosok. Seperti di Koja, Bambasiang, Pebounang dan lainnya. Ini juga untuk antisipasi para penerima Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT, karena mereka terancam tidak menerima jika tidak punya (Adminduk), sehingga kami didampingi oleh pendamping PKH. Jadi para penerima PKH itu mereka yang cari untuk melengkapi adminduknya,” ungkap Hamran Pakaya, saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Hamran menuturkan, pada tahun 2021 ini, Dukcapil Parimo telah mempunyai target jumlah penerbitan administrasi kependudukan.  Sehingga, untuk memenuhi target tersebut, Ducapil akan bekerjasama dengan Dukcapil Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan layanan penerbitan Adminduk  di Kecamatan Moutong yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 25 November 2021 pekan ini.  Terkait pencetakan  KTP akan disiapkan 5 ribu keping oleh Dukcapil Provinsi Sulteng untuk warga Moutong.

“Di tahun 2021 ini, Dukcapil Parimo ada target seperti perekaman e-KTP 100 persen,  cetak KTP  99 persen, akta lahir  95 persen,  Kartu Identitas Anak (KIA) 30 persen.  Berdasarkan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dirjen Dukcapil, untuk Kabupaten Parimo saat ini sudah berada di 94,44 persen akta lahir, berarti sekitar 0,56 persen lagi,” jelas Kadis.

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *