Pemdes Biga Kembali Gelar Vaksinasi, Kali Ini Diikuti 117 Warga

Pelaksanaan vaksinasi pencegahan Covid-19 di kantor desa Biga, Kamis (11/11/2021). Foto : Harianpos
banner 468x60

Parimo, Harianpos Pemerintah Desa (Pemdes) Biga, Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi  kepada masyarakat  pada Kamis (11/11/2021) di kantor desa Biga. Kali ini diikuti 117 warga setempat.

Pelaksanaan gerai vaksinasi ini berlangsung mulai pukul 08.30 Wita pagi yang diikuti ratusan masyarakat baik yang baru akan melakukan vaksinasi (pemula)  maupun yang ikut vaksin tahap kedua.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Terlihat, sejak pagi dengan antusias warga mulai berdatangan  ke kantor  desa mengikuti vaksin tersebut  secara bergantian.

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes), Ahmad, sebelumnya, pelaksanaan program vaksin yang diprakarsai Pemdes Biga telah dilakukan, namun pada tahapan itu hanya diperuntukan bagi perangkat desa, pegawai kantor desa, termasuk organisasi kemasyarakatan di desa yang secara persentasi mencapai beberapa persen dari jumlah penduduk. Kali ini, kata dia, program vaksin dibuka untuk masyarakat umum yang merupakan penduduk desa Biga.

“Kita lakukan vaksinasi, itu fokusnya untuk warga. Sudah kita lakukan juga vaksinasi itu sebelumnya, dan ini kita lakukan lagi untuk warga, karena sebelumnya itu untuk pegawai yang ada di desa, tutor, pkk,” jelasnya.

Ahmad menjelaskan, sebagian besar masyarakat desa Biga belum mengikuti vaksin, sehingga program yang bertujuan untuk memperkuat daya tahan tubuh menangkal virus tersebut kembali dilakukan Pemdes.

Menurut Ahmad, faktor kurangnya partisipasi masyarakat akibat rasa takut terhadap vaksin itu sendiri, olehnya Pemdes juga melakukan giat sosialisasi tentang manfaat dan keamanan vaksin dalam mencegah penularan Covid-19.

“Setelah  kita giat lakukan sosialisasi kepada masyarakat, alhamdulillah sebagian besar masyarakat mau untuk di vaksin,” ungkap Sekdes.

Hal sama diungkap Kepala Desa (Kades) Biga, Idrus.  Ia mengatakan pelaksanaan vaksin kali ini diikuti sebanyak 117 warga desa Biga.

Menurutnya, semula program vaksinasi kurang diikuti masyarakat akibat dari  masih minimnya pengetahuan warga soal manfaat vaksin. Ditambah, banyaknya informasi liar  yang beredar sekaitan efek negatif  terhadap orang yang di vaksin. Sebagai upaya untuk  meyakinkan warga tentang keamanan vaksinasi, maka Pemdes gencar melakukan sosialisasi.

“Untuk menarik simpatik warga mengikuti vaksinasi Covid-19, pihak dari Pemdes gencar melakukan sosialisasi pentingnya di vaksin. Kita sering melakukan vaksinasi untuk meyakinkan warga,” ujarnya.

Kades Idrus mengapresiasi atas antusias warga yang telah meluangkan waktu untuk hadir di kantor desa guna mengikuti vaksin. Ia berharap kepada masyarakat memastikan diri mengikuti vaksin sebagai bagian dari upaya memutus rantai penularan virus corona.

“Saya mengharapkan agar warga secepatnya melakukan vaksinasi agar virus tidak gampang masuk kedalam tubuh. saya ibaratkan seperti kebun kalau tidak di pagar otomatis hewan sangat mudah masuk begitu pun juga dengan dengan manusia, kalau tidak di vaksin virus gampang masuk ke dalam tubuh. Saya pun sangat mengapresiasi warga yang datang ke kantor desa untuk melakukan vaksinasi ini.” pungkasnya.

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *