37 Orang Ikuti Tes CAT Calon Panwascam Pilkada Parimo

ParigiHarianpos  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melaksanakan seleksi tertulis melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) terhadap calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

CAT menjadi bagian dari tahapan perekrutan dilewati para pendaftar yang telah dinyatakan lolos berkas.

Bacaan Lainnya

Perekrutan kali ini, Bawaslu membuka pendaftaran berdasarkan kebutuhan di wilayah kecamatan. Dari hasil evaluasi pengawas ad hoc yang bertugas pada Pemilu 2024 lalu terdapat 9 kecamatan mengalami kekosongan sehingga harus dibuka kembali penerimaan yang diikuti 37 peserta calon anggota Panwascam.

Sembilan kecamatan tesebut yaitu Balinggi, Bolano, Bolano Lambunu, Parigi, Sidoan, Siniu, Taopa, Tinombo, dan Torue.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat, Muhammad Jafar mengatakan, dalam pelaksanaan ujian CAT ini dibagi kedalam dua sesi yang berlangsung satu hari.

“Dalam sesi pertama jam 09:00 Wita yang diikuti 20 peserta. Peserta lainnya dilaksanakan di jam 12:00 Wita,” ungkap Jafar, Selasa (14/05/2024).

Peserta seleksi ujian CAT ini disajikan berbagai materi mulai dari wawasan kebangsaan, regulasi kepemiluan hingga soal prinsip-prinsip kerja pengawasan.

“Dalam tes ini, materinya dalam ruang lingkup kebangsaan, Undang-Undang Kepemiluan, kemudian pengetahuan Kepemiluan dan juga pengetahuan regulasi kepemiluan terkhusus Pemilihan Kepala Daerah,” jelas dia.

Menurut Jafar, peserta yang dinyatakan lulus ujian CAT akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya sesi wawancara. Hasil penilaian tes wawancara tersebut maka Bawaslu kabupaten akan mengumumkan nama-nama yang lolos sebanyak dua kali kebutuhan penyelenggaran pengawasan ditingkat kecamatan.

” Hasil tes wawancara ini akan dipilih dua kali kebutuhan anggota Panwascam,” pungkasnya.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.