Gempa Banten M 5,9 Sempat Membuat Warga Panik

Banten, Harianpos– Guncangan gempa Banten yang terjadi pada 3 Januari 2024 pada pukul 07.53 dirasakan merata di sejumlah wilayah, seperti Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kecamatan Cisolok hingga Kecamatan Surade. Guncangan gempa juga disebut membuat kaca jendela rumah bergetar dan lampu gantung bergoyang.

“Kaca jendela bergetar saat gempa mengguncang. Tadi tetangga juga keluar rumah, semuanya istighfar dan takbir karena guncangannya besar,’ kata Toni, warga Babakan Gumelar.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rachmat. menyebut hingga pukul 08.06 WIB, pihaknya belum menerima laporan dampak kerusakan akibat gempa Banten hari ini.

“Terasa, namun ini masih memonitor lewat grup tanggap apa ada dampak atau tidaknya terhadap masyarakat. Jadi sampai saat ini belum ada informasi terdampak,” kata Novian.

Gempa bumi mengguncang wilayah Banten. Gempa Banten 3 Januari 2024 ini dilaporkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Gempa ini berkekuatan M 5,9 sebagaimana laporan BMKG melalui akun Twitter resmi @infoBMKG . Gempa tersebut terjadi pada Rabu (3/1/2024) dengan kekuatan M 5,9.

Gempa Banten hari ini berkedalaman 74 km. Lokasi gempa ada di koordinat 7.57 derajat Lintang Selatan (LS) dan 106.14 derajat Bujur Timur (BT).

“#Gempa Dirasakan Magnitudo: 5.9, Kedalaman: 74 km, 03 Jan 2024 07:53:49 WIB, Koordinat: 7.57 LS-106.14 BT (Pusat gempa berada di laut 72 Km Barat Daya Bayah) #BMKG,” kata BMKG, Rabu (3/1/2024).ADVERTISEMENT

Pusat gempa Banten hari ini berada di laut 72 Km Barat Daya Bayah, Banten. Pihak BMKG memastikan gempa Banten 3 Januari 2024 tidak berpotensi tsunami.

“Tdk berpotensi tsunami,” tulis BMKG.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan guncangan gempa Banten 3 Januari 2024 terasa cukup kuat di beberapa kecamatan. BPBD Lebak mengimbau warga selalu waspada terhadap gempa susulan.

“Guncangan gempa di kecamatan itu (Bayah, Cibeber, Cilograng) memang cukup besar sekitar 4 MMI,” ujarnya, Rabu (3/1/2024).

“Sampai saat ini belum ada gempa susulan yang tercatat di kami. Kami juga mengimbau warga untuk tetap siaga dan waspada apabila terjadi gempa susulan,” sambung Febby. *

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.