Buka Pelatihan UMKM, Sekprov : Teknologi Informasi Kunci UMKM Naik Kelas

Palu, Harianpos Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdi Mastura diwakili Sekprov Dra. Novalina, M.M mengapresiasi pelatihan bertema Menuju UMKM Naik Kelas Go Digital yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sulteng di hotel Rama, Senin (27/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Sekprov menjelaskan adanya peluang bisnis digital yang sangat menjanjikan dewasa ini karena tak lepas dari perubahan perilaku konsumen yang lebih banyak belanja online.

“Perilaku konsumen sekarang banyak yang mager (malas gerak) sehingga peluang ini harus diambil,” dorongnya ke peserta.

Apalagi, kata Sekprov Pemerintah Provinsi sudah menyediakan e-katalog lokal untuk meningkatkan pelibatan pelaku usaha daerah dalam pengadaan barang jasa pemerintah daerah, tapi sayangnya hal ini belum termanfaatkan dengan baik.

“e-katalog kita masih terbatas isinya padahal banyak produk lokal (Sulteng) yang bisa didorong masuk, bukan hanya (produk) makan minum,” urainya.

Oleh karena itu, dalam sambutan tertulis Gubernur yang dibaca Sekprov, berharap semoga kegiatan ini dapat memantik inovasi pelaku UMKM untuk mengembangkan pemasaran dan jaringan usaha yang lebih kompetitif.

“Saya yakin (pelaku UMKM) bisa naik kelas, go digital dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya.

Selain itu ia juga berharap bisa  membantu pelaku usaha untuk mengetahui kiat-kiat membuat konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan dan bagaimana mengelola bisnis dengan prinsip-prinsip keuangan yang profesional.

“Olehnya kesempatan mengikuti pelatihan ini ibarat investasi buat kemajuan usaha kita,” tambah Sekprov.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Kecil Irfan, S.H., M.Si melaporkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung  selama 3 hari yang diikuti sebanyak 175 peserta dan akan dibimbing sesuai kelas keterampilan yang diambilnya.

Adapun jenis pelatihan yang disediakan terdiri dari bimtek e-katalog lokal, bimtek penumbuhan wirausaha pemula dan edukasi keuangan UMKM. Dikegiatan ini menghadirkan para narasumber antara lain berasal dari perangkat daerah Provinsi, KADIN, HIPMI, BRI dan Bank Sulteng.

“Tujuan kegiatan ini untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran lewat e-katalog dan mempertemukan UMKM dengan lembaga keuangan atau permodalan,” sebutnya.

Diakhir acara, Sekprov bersama Kadis KUKM Sulteng Sisliandy Ponulele berkeliling melihat produk-produk yang dipamerkan di lokasi pembukaan kegiatan.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.