Tujuh Desa di Parimo Terendam Banjir Akibat Luapan Air Sungai

Parimo, Harianpos – Curah hujan sedang hingga lebat yang terjadi pada beberapa titik di Kabupaten Parigi Moutong memicu air sungai dibeberapa titik meluap yang menyebabkan tujuh desa di tiga kecamatan terendam banjir.

“Selama tiga hari terakhir ada tiga lokasi terjadi bencana, hari minggu tanggal 26 Maret 2023 Desa Tomini Barat, Tomini Utara, Ogotumubu dan Moutong Utara di dusun satu sampai empat. Tadi malam menyusul Desa Gio barat yang meluap dari Sungai Taopa, Desa Sibatang dan Tompo dan berdampak pada penambak di muara sungai,” jelas Sekertaris BPBD Parigi Moutong, Rivay, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa (28/03/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Rivay, banjir terjadi karena luapan sungai Taopa, Tomini dan Moutong yang sudah kerap terjadi setiap tahun.

“Sungai ini tiap tahun banjir dan terus ditangani dengan normalisasi. Seperti Tomini Barat sempat kami tangani, Taopa juga, Moutong utara juga langganan,” kata Rivay.

Saat ini kata dia, tim dari BPBD sementara melakukan asesmen di lapangan dan terus melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi. Menurutnya BPBD Provinsi menurunkan alat berat ke lokasi untuk menangani tebing sungai yang longsor serta menangani jalan yang nyaris putus.

“BPBD Provinsi mengirimkan eksavator dan juga bahan banjiran berupa lawat untuk bronjong. Pelaksanaan dan batu nanti dilakukan secara swakelola,” terangnya.

Ia menambahkan, banjir dari luapan air sungai ini sempat menggenangi rumah warga namun segera surut sehingga dilaporkan belum ada kerusakan rumah.

“Ini banjir lewat langsung surut sehingga tidak ada kerusakan rumah, tetapi masih menunggu asesmen,” ungkapnya.

Terkait bantuan logistik kata Rivay, pihaknya masih menunggu data dari tim lapangan, daftar nama yang benar-benar membutuhkan.

“Kami masih punya persediaan stok di gudang, logistik berupa kasur, panci, tenda, bukan pengadaan baru. tetapi harus dihitung kembali siapa yang benar-benar,” tutupnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.