BPOM Palu Lakukan Sampling Keamanan Jualan di Pasar Kampung Bugis Buol

Buol, Harianpos – kegiatan sampling dan pengujian keamanan jualan Pasar oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palu tahap kedua di Pasar Kampung Bugis Kabupaten Buol dilakukan pada tanggal (5-6/11/2022).

Sampling ini merupakan salah satu tahapan dari Program Nasional Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas. Kegiatan dilakukan selama 2 bulan yaitu, Oktober dan November 2022, dengan jumlah sampel yang diuji sebanyak 60 sampel sesuai dengan tipe Pasar Kampung Bugis. 

Sampling dan pengujian dilakukan secara mandiri oleh petugas  yang telah ditunjuk oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab Buol dan telah dilatih sebelumnya dalam Pelatihan Fasilitator dan  Bimtek Petugas Pengelola.

Sampel yang diuji sebanyak 60 sampel menggunakan  metode  test kit dengan parameter Formalin, Boraks, Metanyl Yellow dan Rhodamin B memberikan hasil negatif. 

Sampling dan pengujian diutamakan terhadap sampel yang sebelumnya memberikan hasil tidak memenuhi syarat terhadap parameter uji kimia dan mikrobiologi yang ditemukan pada tahap pertama. Sampel yang sebelumnya memberikan hasil positif Rhodamin B, setelah dilakukan pendampingan oleh petugas Balai POM di Palu dan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab Buol serta dilakukan pengujian diperoleh hasil negatif terhadap parameter Rhodamin B.

Selanjutnya sebanyak 5 sampel berupa minuman ringan dilakukan pengujian parameter mikrobiologi di Laboratorium Mikrobiologi Balai POM di Palu.

Diharapkan pengawasan keamanan pangan pasar secara mandiri oleh pengelola pasar terus dilakukan untuk dapat mencegah penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan, sehingga keamanan pangan terjamin. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.