Tim Ahli Pemekaran Dua DOB Bakal Datang ke Parimo Mei 2022

Parimo, Harianpos – Bupati Parigi Moutong (Parimo) Samsurizal Tombolotutu baru baru ini mengutus Kepala Bapelitbangda Parimo Irwan dan Sekretaris Bapelitbangda Parimo Ponnco Nugroho ke lembaga terkait di Jakarta untuk koordinasi pemekaran calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tomini Raya dan Kabupaten Moutong.

Pertemuan ini dibantu fasilitasi oleh anggota DPD RI dapil Sulawesi Tengah Muhammad J Wartabone.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil pertemuan, dijadwalkan bahwa tim ahli pemekaran akan turun lapangan ke Kabupaten Parimo usai lebaran Idul Fitri yang direncanakan pada 21 – 26 Mei 2022.

Kepala Bapelitbangda Parimo, Irwan mengatakan, bahwa saat ini dipastikan tim ahli penyusun naskah Akademik Draf Rancangan Undang Undang (RUU) pemekaran calon DOB yaitu Tomini Raya dan Moutong yang terdiri dari Anggota DPD RI, DPR RI, Akademisi dari berbagai Universitas termasuk IPDN terus bekerja untuk melengkapi data – data yang dibutuhkan.

“Sekarang ini mereka (tim ahli) lagi menyusun Naskah Akademik dan Draf Undang Undangnya, dan mereka minta untuk melengkapi data – data atau mengupdate kembali data yang telah ada sebelumnya,” kata Irwan, Jum’at (29/04/2022) kemarin.

Menurut Irwan, data – data yang diperlukan, diantaranya jumlah penduduk yang nantinya bermukim di DOB Tomini Raya, jumlah penduduk yang bermukim di DOB Moutong, dan jumlah penduduk yang bermukim di Kabupaten induk.

“Kemudian juga dibutuhkan data, semisal jika di mekarkan, apakah hak layak tidak ada yang terganggu dan apakah adat istiadat juga tidak terganggu,”ujarnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.