Tower BTS 4G Resmi Berfungsi di Tinombo

Tower BTS 4G di Kecamatan Tinombo baru diresmikan, Selasa (15/03/2022). Foto : Prokopim Pemda Parimo.
banner 468x60

Parimo, Harianpos – Tower Base Transceiver Station (BTS) yang merupakan pendukung jaringan Komunikasi 4G yang di bangun di kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) diresmikan, Selasa (15/03/2022).

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Parimo, H. Djoni Tagunu, SE pembangunan menara tower BTS ini merupakan arahan dari Bupati Parigi Moutong dalam menunjang layanan komunikasi berbasis 4G di setiap daerah di Kabupaten Parigi Moutong.

Menurut Joni Tagunu sampai sekarang masih ada Blind Spot atau titik dimana tidak ada jangkauan jaringan internet.

“Hal inilah yang akan diantisipasi dengan dibangunnya Tower ini sehingga masyarakat mudah mengakses layanan internet dengan baik,” ucap Joni Tagunu

Sementara itu Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI Hariadi S.Sos mengatakan kementerian Kominfo RI terus membangun jaringan 4g di seluruh daerah, hal ini dilakukan agar terdapat kesetaraan akses jaringan di setiap wilayah di Indonesia.

Menurutnya masih ada beberapa desa yang masih belum mendapatkan akses internet dan ini menjadi tanggung jawab dari kementerian komunikasi melalui BAKTI untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut.

“Semoga dengan peresmian ini menjadikan wilayah Kabupaten Parigi Moutong bersiap memasuki era digital di tahun 2024 yang diamanahkan oleh pemerintah pusat melalui presiden Joko Widodo bahwa tidak ada satupun wilayah di Indonesia yang masih tertinggal dari sisi telekomunikasi,” cap Hariadi.

Ia juga menambahkan dalam pemeliharaan dan perawatannya pihak BAKTI mengandeng PT Fiberhome Technologies yang akan selalu memantau dan melakukan perbaikan jika suatu saat terdapat kendala dalam operasional Tower BTS tersebut.

Sementara itu Bupati Parimo yang di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Samin Latandu hadir meresmikan penggunaan Tower BTS 4G itu mengatakan, pembangunan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung lainnya tahun 2021-2022 di Kabupaten Parimo sejumlah 46 BTS untuk desa dan 4 BTS untuk central (POI), totalnya adalah 50 BTS yang tersebar di 19 kecamatan dari 23 kecamatan wilayah kabupaten Parimo.

” Dengan adanya pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) dan infrastruktur pendukung ini dapat memperluas akses layanan internet dalam mendorong peningkatan indeks pembangunan manusia di kabupaten Parigi Moutong,” tuturnya.***

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.