PT BNE Bakal Bangun PLTA di Sungai Bongka Touna

Palu, Harianpos – Perusahaan (PT) Bongka Nova Energi (BNE) akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Bongka, Kabupaten Tojo Una Una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Olehnya, Bupati meminta dukungan dukungan Gubernur untuk memberikan rekomendasi percepatan realisasi pembangunannya.

Hal itu disampaikan Bupati Touna, Mohammad Lahay saat menemui Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura di ruang kerja Gubernur, Senin (07/03/2022).

Saat menerima kunjungan ini, Rusdy Mastura didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudy Dewanto, TIm Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Investasi  Ronny Tanusaputra, Tim Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan, Antar Lembaga dan HAM, M. Ridha Saleh. Turut hadir juga pihak PT BNE.

Gubernur, Rusdy Mastura memastikan, segala kebutuhan yang menjadi kelengkapan sebagai syarat kerja PT BNE akan disetujuinya sepanjang telah ada persetujuan dari Bupati Touna.

Apalagi, kata Gubernur, potensi pembangkit listrik tenaga air sangat besar di Sulteng, sehingga membutuhkan investasi untuk mengelola potensi tersebut.

“Sepanjang sudah mendapat persetujuan Bupati Touna, saya pasti menyetujui segala persyaratan yang dibutuhkan agar segera dilengkapi,” ujar Gubernur.

Ia menyampaikan akan memberikan dukungan kepada seluruh Bupati dan Walikota yang mendatangkan investor untuk mengelola potensi sumber daya alam (SDA) di daerahnya sebagaimana yang telah terlaksana di sejumlah kabupaten di Sulteng.

“Kita bersyukur saat ini beberapa daerah sudah memiliki investasi besar, seperti Morowali, Morut dan Banggai memiliki Tambang Nikel dan Gas, Kabupaten Balut akan segera dibangun Kawasan Industri Halal, Donggala akan segera di bangun Food Estate untuk mendukung IKN , Kabupaten Sigi, Poso, Parigi Moutong kita persiapkan menjadi daerah pertanian penyangga IKN dan investasi harus memberikan dampak terhadap Fiskal Daerah melalui Perusda,” jelas Rusdy Mastura.

Gubernur mengungkapkan, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama Kementerian Desa (Kemendes) untuk pelaksanaan Smart Village di Pulau Togean, Kabupaten Touna.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.