Kecelakaan Pesawat Perintis PT. SAM Air di Pohuwato, Seluruh Awak Meninggal Dunia

JakartaHarianpos –Pesawat perintis PT. SAM Air dengan nomor registrasi PK-SMH (DHC6) mengalami kecelakaan tragis saat mendarat di Bandara Panua, Pohuwato, Minggu pagi tadi (20/10/2024).

Pesawat yang terbang dari Bandara Djalaluddin, Gorontalo, dipiloti oleh Capt. M. Saefurubi A dan First Officer M. Arthur V. G, bersama teknisi Budijanto dan satu penumpang, Sri Meyke Male.

Pesawat lepas landas pada pukul 07:03 WITA dan dijadwalkan tiba pada pukul 07:33 WITA. Namun, saat melakukan pendaratan melalui runway 27, pesawat mengalami go-around dan jatuh di area tambak, sekitar 300 meter dari runway, pada pukul 07:35 WITA.

Kecelakaan ini menyebabkan seluruh awak dan penumpang meninggal dunia di lokasi kejadian. Korban telah dievakuasi ke Puskesmas Motolohu Pohuwato.

Lukman F. Laisa, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, menyampaikan duka cita yang mendalam. “Kami sangat berduka atas kecelakaan ini. Doa dan simpati kami sampaikan kepada keluarga korban yang ditinggalkan,” ujar beliau.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sedang berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan stakeholder terkait untuk melakukan investigasi mendalam terkait insiden ini.

“Kami berharap investigasi berjalan lancar untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di masa depan,” tambah Lukman.*

Sumber: Dirjen Perhubungan Udara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.