Chelin, Perempuan Pemimpin Baru BPAN

Chelin, Perempuan Pemimpin Baru BPAN. Foto : IST
banner 468x60

Palu, Harianpos Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) kini resmi dipimpin Michelin Sallata kerap dipanggil Chelin seorang perempuan asal tanah toraja untuk masa periode 2022 – 2026.

Michelin Sallata wanita kelahiran 28 Januari 1997 ini terpilih setelah melewati berbagai mekanisme keorganisasian dalam musyawarah di Jambore Nasional (Jamnas) ke IV yang dilaksanakan virtual, Minggu (30/01/2022).

Jambore adalah agenda musyawarah yang dilakukan BPAN disetiap akhir masa kepemimpinan kepengurusan lama. Kegiatan ini diikuti seluruh pengurus BPAN dari berbagai daerah, mulai dari tingkat Pengurus Wilyah (PW), Pengurus Derah (PD) hingga Pengurus Kampung (Pkam) se Nusantara.

Sebagai ketua terpilih, Michelin Sallata berkeinginan agar seluruh pemuda adat di Nusantara menggaungkan program gerakan pulang kampung untuk mengembangkan literasi ke masyarakat adat. Bagi, Chelin melalui pengembangan literasi itu dapat menghidupkan budaya tukar pikiran dengan tujuan menggali cerita adat di kampung agar bisa dipublikasikan ke masyarakat luas.

Hal itu bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan yang diprakarsai pemuda adat, diantaranya mengadakan sekolah adat.

“Literasi dalam hal ini agar tercipta budaya tukar pikiran, baik itu secara tutur maupun tulisan agar semakin banyak cerita dari kampung yang bisa disaksikan masyarakat umum bahkan dunia,” jelas ketua Chelin.

Dibawah kepemimpinannya, BPAN akan fokus memperkuat struktur kepengurusan mulai dari tingkatan nasional,daerah sampai di kampung-kampung, sehingga lembaga perhimpunan pemuda yang miliki visi memperjuangkan adat di Nusantara ini bisa lebih kuat dan maju lagi.

“Di periode baru ini semua kepengurusan BPAN harus bisa diperkuat, bukan hanya di tingkat nasional tapi juga di daerah bahkan kampung-kampung,” tutup  Chelin.***

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.