Lapas Luwuk Gelar Tabur Bunga Peringati HUT Kemerdekaan RI dan Hari Pengayoman Ke-79

BanggaiHarianpos – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Pengayoman ke-79, Lapas Luwuk bersama Bapas Luwuk dan Imigrasi Banggai menggelar upacara tabur bunga dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Tuwis pada Jumat (9/8/2024).

Acara yang dimulai pukul 07.30 WITA ini dihadiri oleh berbagai unsur dari satuan kerja di lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, termasuk para pejabat struktural, JFT, JFU, dan anggota Dharma Wanita Persatuan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Banggai, Octaveri, yang bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir pula Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Luwuk, Efendi Wahyudi, bersama seluruh jajaran, memperlihatkan kekompakan dan kebersamaan di antara satuan kerja Kemenkumham dalam memperingati dua momentum besar tersebut.

Upacara tabur bunga ini tidak hanya sekadar seremonial, namun juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga mereka demi kemerdekaan bangsa.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna merefleksikan apa yang telah diraih oleh para pahlawan. Semangat para pahlawan inipun yang memacu Kementerian Hukum dan HAM untuk melaksanakan berbagai terobosan baru guna akselerasi pembangunan di lingkup Kemenkumham RI, sebagai upaya menyongsong Indonesia Emas Tahun 2024,” jelas Kalapas Luwuk, Efendi Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme di kalangan pegawai Kemenkumham.

“Upacara tabur bunga dan ziarah kubur pahlawan perlu dilakukan sebagai motivasi bagi setiap insan pengayoman dalam menjalankan tugas mereka,” ujarnya.

Upacara berlangsung dengan penuh khidmat, dan rasa haru menyelimuti seluruh peserta yang hadir. Momentum ini menjadi pengingat akan pentingnya menjaga semangat perjuangan para pahlawan, serta meneruskan cita-cita mereka melalui dedikasi dalam bekerja demi kemajuan bangsa dan negara.*

Pos terkait