Diskominfo Parimo Gelar FGD Bahas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

ParigiHarianpos – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Parigi Moutong melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

FGD tersebut membahas terkait pengumpulan data penyempurnaan dokumen enam domain arsitektur melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024 di Auditorium kantor Bupati, Senin (10/06/2024).

Bacaan Lainnya

Dikesempatan itu, Kepala Diskominfo Parigi Moutong, Enang menyampaikan bhawa keterbukaan informasi publik sangat membantu masyarakat mengakses informasi era digital saat ini.

Menurut Enang, memberikan pelayanan publik yang maksimal sangat diperlukan. Hal itu demi memenuhi kepentingan masyarakat lebih luas berkaitan penyajian informasi terpercaya dan mudah dijangkau dengan tetap mengedepankan sisi edukatif.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Parigi Moutong melalui Diskominfo harus memastikan penyajian informasi harus terkelola dengan baik dengan cara menjalin kolaborasi multi stakeholder.

“Melibatkan semua unsur seperti Forkopimda, akademisi, komunitas IT maupun unsur-unsur lain yang tidak kalah penting sehingga semua informasi yang sampai kepada masyarakat luas dapat diterima secara informatif dan up to date,” jelas Enang.

Untuk diketahui, kegiatan FGD ini dihadiri sebanyak 80 peserta terdiri dari masing-masing 2 orang delegasi dari OPD, ditambah perwakilan dari lingkup Sekretariat Daerah, dan Sekretariat DPRD Parigi Moutong.

SPBE merupakan sistem pengumpulan data yang digunakan Pemerintah berbasis elektronik yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 tahun 2018. Lewat sistem ini, bisa terjadi peningkatan pelayanan publik yang bermuara pada efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan pelayanan publik.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.