Warga Pesisir Palu Demo Keluhkan Debu Galian C Proyek IKN

DonggalaHarianpos,- Jatam Sulteng, Walhi Sulteng, YTM, KOMIU, Himasos, Ekonesia, Senat Mahasiswa UIN Datokarama Palu dan beberapa organisasi lainnya yang tergabung dalam Koalisi Petisi Palu-Donggala, menggelar Aksi Pembagian Masker di Sekitar Sungai Nggolo, Kelurahan Buluri, Kota Palu, Selasa (21/5/2024).

Hal ini dilakukan sebagai upaya merespon keluhan warga lingkar tambang terkait Debu yang di akibatkan perusahaan pertambangan galian C di wilayah itu.

Arman Seli, Warga Kelurahan Buluri usai pembagian masker mengatakan bahwa persoalan debu sudah cukup lama menjadi keluhan warga setempat.

“Awalnya, saya membuat petisi online mendesak Perusahaan galian C di Palu dan Donggala agar tertib terhadap lingkungan hidup,” Kata Arman yang juga Wakil Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Pembagian Masker.

Petisi tersebut kata Arman, merupakan respon warga yang berada di sekitar pertambangan.

Selanjutnya petisi itu ditanggapi oleh sejumlah organisasi masyarakat sipil dan individu-individu yang terpanggil. Hingga akhirnya dalam sebuah diskusi, disepakati pembagian masker yang hari ini dilakukan,” ungkap Arman.

Kedepan, menurut Arman selain debu hal yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan mata air di sekitar tambang galian C tetap terjaga dengan baik. *

Sumber: Koalisi Petisi Palu-Donggala

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.