Pelaku Sanggar Seni di Parimo Terima Bantuan Penguatan Kearifan Lokal

Parimo, Harianpos – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BPNT) bersama dengan Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan bagi pelaku Sanggar Seni Beringin Jaya dan Kelompok Ternak Kambing, yang ada di Desa Tovalo, Kecamatan Kasimbar di Ruang Rapat Bupati, Kamis (28/12/2023).

Bantuan untuk penguatan ekonomi masyarakat tersebut diserahkan langsung oleh Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo secara simbolis kepada enam belas anggota sanggar Senin Beringin Jaya.

Richard Arnaldo dalam arahannya meninta agar para penerima bantuan bisa memanfaatkan dan tidak menyia-nyiakan bantuan yang didapatkan.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua, jangan disia-siakan karena masih banyak yang ingin mendapatkan bantuan tapi tidak mendapatkan,” ungkapnya.

Pj Bupati berharap kepada Pemerintah Desa Tovalo agar mengawasi para penerima bantuan dan bisa memanfaatkan bantuan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar khususnya di Desa Tovalo.

“Saya harapkan ini jadi masukan buat bapak ibu semua dan semoga kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, tidak putus sampai disini saja, misalnya bantuan lain yang sifatnya meningkatkan kemampuan melalui pelatihan atau pendampingan juga perlu dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial, Tri Nugraha Kembali menekankan khususnya Kepada Kepala Desa Tovalo terkait pemanfaatan bantuan, dengan begitu harapan bisa meningkatkan ekonomi keluarga di masa depan.

Tak hanya itu, Kepala Desa Tovalo Ali Topan, di tempat yang sama mengungkapkan bantuan itu merupakan motivasi kepada masyarakat yang ada di desa Tovalo.

“Bantuan-bantuan ini yang pertama memberikan motivasi yang luar biasa kepada anak-anak kita apalagi dalam bentuk kegiatan lain mereka bisa berpikir positif dengan kesibukan-kesibukan kemudian mereka juga para peternak kemarin secara kelompok karena dengan adanya ternak itu bisa mempermudah. Masyarakat tidak bingung lagi untuk mencari pengembangan usaha apa yang akan mereka lakukan. Bisa hasil dari ternak tersebut yang akan mereka kembangkan,” katanya.

Fasilitator Daerah BNPT Zahriansyah, mengatakan bantuan tersebut merupakan program sinergitas BPNT bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI dari 23 kecamatan yang ada di Kab. Parigi Moutong hanya Kecamatan Kasimbar yang mendapatkan Program Kearifan Lokal (Riflok) tahun 2023.

“Jatah bantuan untuk Provinsi Sulawesi Tengah hanya ada 5 lokasi yakni Kota Palu, Kab. Parimo, Kab. Tojo Una-Una, Kab. Poso dan Kab. Morowali Utara.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.