APDI Sulteng Gelar Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pilot Drone

Palu, Harianpos – Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Regional Sulawesi Tengah kembali menggelar Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pilot Drone Angkatan Ke-9 bertempat di Halaman Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfo Santik) provinsi Sulawesi Tengah, Minggu, (29/10/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari dimulai Sabtu, 28 Oktober 2023 hingga Minggu, 29 Oktober 2023.

Diketahui, APDI telah berbadan hukum pada tahun 2016 yang memiliki visi dan misi memajukan dunia drone di Indonesia.

APDI juga mensosialisasikan terbang aman, bertanggung jawab dan bermartabat.

Pada kesempatan itu, Ketua APDI Regional Sulteng Indra Sutedja Dwiwangsa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfo Santik) Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona yang telah memfasilitasi pelaksanaan Uji Kompetensi Pilot Drone sebagaimana yang telah tertuang dalam MoU antara Diskominfo Santik Provinsi Sulteng dengan APDI Regional Sulteng.

“Uji Sertifikasi Pilot Drone Angkatan Ke-9 ini, seharusnya ada 6 peserta yang terdaftar, namun yang ikut hanya 5 peserta, dan dari 5 peserta hanya 2 orang yang mengikuti kelas materi dan menerima sertifikat, sedangkan 3 peserta sertifikatnya menyusul setelah menyelesaikan kelas materi,” jelas Indra selaku Instruktur.

Indra juga menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembelajaran tentang cara terbang aman dan bertanggung jawab kepada para pilot drone agar mengetahui aturan ruang udara pada saat mengoperasikan Drone.

“Para peserta yang mengikuti sertifikasi ini berasal dari praktisi pengguna Drone untuk kebutuhan pekerjaan,” ujarnya

Untuk itu, Indra berharap para peserta yang telah lulus uji kompetensi dan sertifikasi ini bisa mengimplementasikan pengetahuan yang di peroleh dan aturan-aturan ruang udara.

Dihari pertama, para peserta melakukan latihan terbang menggunakan aplikasi Simulator dan dihari kedua para peserta mengikuti uji kompetensi dengan melakukan praktek menerbangkan drone secara langsung sekaligus menyerahkan wing dan sertifikat.

Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pilot Drone ini dilaksanakan oleh Regional APDI di seluruh wilayah Indonesia.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.