Nelayan Hilang di Perairan Bungku Timur, Tim SAR Lakukan Pencarian Intensif

MorowaliHarianpos, – Sabtu (5/10/2024), Pencarian intensif dilakukan oleh Tim SAR untuk menemukan seorang nelayan asal Desa Lorue, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, yang dilaporkan belum kembali setelah melaut di Perairan Bungku Timur sejak Jumat sore (4/10).

Korban bernama Alimudin (62) diketahui berangkat melaut sekitar pukul 17.00 WITA dan biasanya kembali pada malam hari. Namun, hingga Sabtu (5/10), korban tak kunjung pulang, membuat keluarganya khawatir dan segera melaporkan kejadian tersebut.

Bacaan Lainnya

Sejak pagi, warga Desa Lorue bersama keluarga korban telah berupaya mencari Alimudin di lokasi tempatnya biasa memancing, namun upaya tersebut belum membuahkan hasil. Kekhawatiran semakin meningkat, mengingat usia korban yang sudah lanjut dan kemungkinan kondisi laut yang tidak bersahabat.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu melalui Pos SAR Morowali menerima laporan hilangnya nelayan tersebut pada Sabtu sore, pukul 15.30 WITA. Tidak membuang waktu, tim penyelamat dari Pos SAR Morowali segera bergerak menuju Desa Lorue untuk bergabung dengan masyarakat setempat dalam upaya pencarian.

Setibanya di desa, tim langsung berkoordinasi dengan keluarga korban dan segera memulai pencarian. Tim gabungan yang terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD, serta masyarakat, menggunakan perahu karet untuk menyisir area perairan yang diduga sebagai tempat terakhir Alimudin memancing. Hingga Sabtu sore, pencarian yang dilakukan belum menunjukkan hasil positif.

Syahrul Japaruding, Koordinator Pos SAR Morowali, menjelaskan bahwa tim telah melakukan penyisiran di sekitar lokasi potensial, tetapi hingga pukul 17.30 WITA, tidak ada tanda-tanda keberadaan korban.

“Pencarian akan dilanjutkan kembali besok pagi, kami berharap kondisi cuaca memungkinkan untuk memperluas area pencarian,” ungkapnya.

Hilangnya Alimudin menjadi perhatian serius, mengingat kawasan perairan Bungku Timur seringkali dihadapkan pada kondisi cuaca yang tidak menentu, terutama pada musim peralihan seperti saat ini. Dengan segala upaya yang telah dan akan dilakukan, pihak keluarga dan masyarakat berharap korban segera ditemukan dalam kondisi selamat.

Tim SAR bersama unsur terkait terus berupaya melakukan pencarian sembari menaruh harapan besar segera dapat menemukan Alimudin secepatnya.*

Pos terkait