Kontingen Sulteng Ikuti Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional

PaluHarianpos.com,-Kontingen Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Sulteng mengikuti OBA 6 tingkat Nasional dan Konferensi Guru Bahasa Arab se-Indonesia yang akan digelar mulai 3 sd. 5 November 2023 di Jakarta. Pelepasan kontingen dilakukan oleh Pelaksana harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Muchlis, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Sulteng, Kiflin, di ruang pertemuan Kanwil Kemenag Sulteng, Kamis (2/11/2023).

Plh Kakanwil Muchlis mengatakan bahwa OBA adalah kompetisi yang sangat baik untuk dikembangkan dan diikuti. “Semoga ke depan bisa dipersiapkan lebih matang dalam hal membekali peserta dan segala hal yang dibutuhkan untuk kembali ikut serta,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ia juga menekankan pentingnya persiapan mental bagi peserta. “Rasa percaya diri harus dimunculkan dalam diri kita untuk bertanding dengan peserta lainnya dari seluruh Indonesia dalam ajang berskala nasional sebab semuanya memiliki potensi dan kesempatan yang sama,” katanya.

Menurutnya, peserta harus terus berpikir positif bahwa mereka bisa, hilangkan keraguan, prasangka buruk terhadap diri sendiri, dan selalu optimis dengan kemampuan yang dimiliki. “Jangan sampai memunculkan pikiran negatif yang bisa mengalahkan diri kita sendiri,” tuturnya.

Muchlis berharap agar peserta tetap tenang dan konsentrasi agar potensi yang dimiliki tidak buyar dan bisa dimaksimalkan. “InsyaAllah bisa meraih prestasi di tingkat nasional, kalaupun nanti hasil perlombaan belum sesuai yang diharapkan, maka jadikan hal tersebut pelajaran untuk kompetisi ke depannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Penmad Kiflin menyampaikan bahwa walaupun pelaksanaan yang keenam secara nasional, namun ini merupakan keikutsertaan yang kedua kalinya untuk Sulteng. “Tentu dengan berbagai macam usaha dan terobosan yang dilakukan oleh lembaga dan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab se-Indonesia, alhamdulillah kali ini Sulteng bisa kembali ikut serta,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan kepada peserta agar bekerja maksimal sesuai kemampuan, tanpa terbebani dengan gelar juara. “Sebab yang namanya kompetisi pasti ada yang menang dan sebaliknya,” tandasnya.

Kiflin berharap agar keberangkatan peserta bisa membawa nama baik Sulteng khususnya di madrasah. “Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keberkahan kepada kita semua,” pungkasnya.

Kontingen OBA Sulteng terdiri dari enam peserta yang berasal dari berbagai satuan pendidikan, yaitu MIN 1 Kota Palu, MTsN Bangkep, MTs Alkhairaat Pusat Palu, MAN 2 Kota Palu, MA An Nur Buuts Palu, dan SMA Al-Azhar Palu.*

Pos terkait