Stabilkan Harga Jelang Ramadhan, Pemkab Parimo Gelar Gerakan Pangan Murah

ParigiHarianpos– Menyikapi tradisi jelang bulan suci Ramadhan, tahun ini Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Ketahanan Pangan, menggelar Pangan Murah, Jumat (8/03/2024).

Hal ini digelar dalam rangka pengendalian inflasi dan sekaligus menjadi momentum menjaga keterjangkauan harga bahan pangan pokok.

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati (Pj) Parigi Moutong Richard Arnaldo mengatakan, pihaknya secara rutin menggelar Pangan Murah sebelum memasuki bulan suci ramadan di lokasi yang berbeda.

“Kegiatan pangan murah ini hampir rutin kami lakukan setiap bulan, bahkan dipastikan sebelum menjelang hari raya idul fitri gerakan pangan murah tetap gelar,” ungkapnya.

Lanjut Richard, pihaknya menggunakan dana insentif daerah, serta anggaran dari Kementrian Dalam Negeri senilai 9,3 miliar atas reward pengendalian inflasi.

“Dengan adanya dana tersebut telah dilakukan penjabaran dialihkan ke beberapa OPD terkait, termasuk Dinas Ketahanan Pangan,” jelasnya.

Selain pangan murah, Kata Richard, nantinya akan dilakukan pasar murah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Pasar murah ini tentunya akan terus digelar pada setiap kecamatan, sampai mendapatkan kestabilan harga,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya gerakan pangan murah ini, keterjangkauan harga bahan pokok dapat memudahkan masyarakat.

“Sejauh ini beberapa harga bahan pokok yang mengalami kenaikan, seperti beras dan bahan pangan lainnya, intinya gerakan pangan murah ini kami melakukan subsidi di dalam paket-paket tertentu yang bekerjasama dengan bulog, Indofood, Rajawali Nusindo maupun pelaku usaha lainya agar mendapatkan harga yang terjangkau yang dapat dinikmati masyarakat,” pungkasnya. *

Pos terkait