Pemda Parimo Terima Bantuan Sektor Pangan Sebesar 24 M dari Pemprov Sulteng

ParigiHarianpos – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah memberikan bantuan ke Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mendapat bantuan sebesar Rp 24.304.503.000,-.

Bantuan ini, diserahkan secara langsung Gubernur H Rusdy Mastura saat rapat kerja bersama Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Parimo, Sabtu, 15 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

“Bantuan yang diserahkan tadi itu, untuk sektor tanaman pangan dan hortikultura,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulawasi Tengah, Nelson Metubun, di Parigi, Sabtu.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan berupa benih padi kaya gizi seluas 1200 hektare, benih jagung hibrida seluas 2000 hektar dan benih kacang tanah seluas 15 hektare.

Kemudian, bibit durian sebanyak 25.888 pohon, bibit alpukat sebanyak 9.700 pohon, 40 Kilogram benih porang dan kegiatan mandiri benih seluas 40 hektare.

“Dari alokasi bantuan ini, juga tersedia pupuk dan pestisida untuk lahan seluas 500 hektar, pupuk hayati cair sebanyak 3.650 liter, herbisida 7.300 liter,” bebernya.

Selain itu, sebanyak 180 unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) serta pemberdayaan petani miskin dengan kuota 435 Kepala Keluarga (KK).

Bantuan ini, kata dia, akan disalurkan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Parimo.

Nelson menjelaskan, para penerima merupakan kelompok petani, yang telah terdaftar dalam aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).


“Jadi wajib hukumnya, masuk dalam aplikasi Simluhtan. Kalau tidak, ada indikasi kelompok tersebut ilegal. Kita hindari itu,” tukasnya.
Ia berharap, dengan bantuan stimulan pemerintah dapat meningkatkan produksi dan produktivitas sektor tanaman pangan dan hortikultura di Sulawesi Tengah.


“Mengingat, Sulawesi Tengah merupakan sentra penghasil pangan maupun hortikultura. Dalam kaitannya, misi besar kita bersama sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN),” pungkasnya.*

Pos terkait