BNPT Bantu Alat Musik Sanggar Seni Marantale Parimo

Parimo, Harianpos – BNPT gandeng Kementerian Sosial (Kemensos) melalui program sinergitas memberikan bantuan peralatan kesenian kepada kelompok sanggar seni di desa Marantale, kecamatan Siniu, kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah.

Bantuan tersebut merupakan hasil usulan dari tim sinergitas BNPT wilayah Parigi Moutong dalam rangka penguatan kearifan lokal bagi pelaku kesenian di desa.

Zahriansyah Muhlis selaku fasilitator daerah tim sinergitas BNPT mengatakan bahwa bantuan diberikan yaitu berupa biaya belanja peralatan kebutuhan sanggar seni seperti alat produksi pembuatan kecapi serta alat musik tradisonal lainnya.

Menurut Zahriansyah, selain bantuan peralatan, lewat program itu juga dilakukan pemberdayaan ekonomi yakni pembuatan piring lidi dan produksi alat kecapi yang diikuti anggota kelompok sanggar seni dan elemen masyarakat desa setempat.

Kegiatan pemberdayaan itu berlangsung sejak Juni sampai Desember 2022.

Ia berharap, melalui program itu bisa meningkatkan kreativitas masyarakat yang dapat menambah nilai ekonomi keluarga.

“Dengan adanya program pemberdayaan ini semoga bisa menambah pendapatan ekonomi rumah tangga warga di desa itu,” harap Zahriansyah.

Untuk diketahui, sanggar seni Marantale merupakan organisasi kesenian yang bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, mandiri, serta memiliki paradigma yang holistik dalam rangka peningkatan wawasan di bidang kesenian maupun pengetahuan dengan berfikir secara menyeluruh menggunakan asas kebersamaan demi mencapai karya yang lebih baik.
Organisasi ini didirikan pada 10 Mei 2021 berkedudukan di Desa Marantale, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.